UMKM Bangkit Jelang Lebaran, Teten Masduki Ikut Mendongkrak Lewat Pasar Kaget Smesco 2023!
Menteri Koperasi dan UKM (Menkop-UKM) Teten Masduki mengatakan kegiatan pasar kaget Ramadan Smesco 2023 diharapkan dapat meningkatkan omset dan membuka peluang lebih besar bagi para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) agar dekat dengan market.
Menurutnya, kegiatan pasar kaget Smesco ini juga mampu memberi ruang usaha bagi para pelaku UMKM. Kegiatan ini juga merupakan upaya strategis pemerintah yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional dengan membangun kewirausahaan lokal.
Baca Juga: Teten Dorong Perbankan Ciptakan Inovasi Pembiayaan UKM
"Jadi kita ingin membantu para UMKM, karena biasa penjualan di Ramadan menjelang lebaran tinggi," kata Menkop-UKM Teten saat membuka kegiatan pasar kaget Smesco di Jakarta, Senin (10/4/2023).
Ke depan, lanjutnya kegiatan seperti ini juga akan dilakukan di beberapa tempat rekreasi dan juga masjid.
"Kita tidak hanya bekerja sama dengan Smesco tapi juga akan dilaksanakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), elektronik city, dan masjid," ujarnya.
Teten menegaskan, saat ini pihaknya juga tengah mendekatkan para pelaku UMKM untuk dengan para ASN dengan mengadakan bazar di kantor-kantor kementerian.
Baca Juga: KPK Hancur Ditangani Firli Bahuri, Jokowi Diminta Turun Lagi: Copot, Dia Gagal Memimpin...
"Selain meningkatkan omset UMKM kita juga ingin mendorong para ASN untuk mulai membeli, menggunakan, dan mengonsumsi produk-produk dalam negeri," tegasnya.
Sementara itu Direktur Utama Smesco Leonard Theosabratai mengatakan, kegiatan pasar kaget Ramadhan Smesco akan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 10-15 April 2023. Dalam kegiatan, sebanyak 100 UMKM telah berpartisipasi dalam kegiatan ini.
"Ada 100 UMKM yang hadir tapi tendanya ada 50an," ujarnya.
Baca Juga: Soal Impor Pakaian Bekas Ilegal, Zulhas-Teten: Pedagang Aman, Kami Incar Penyelundupnya
Menurutnya, Smesco bukan hanya sebagai ruang usaha bagi para UMKM. Namun juga sebagai ruang eksplorasi bagi para UMKM untuk terus berkembang. Maka ke depan, diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut pasca Ramadan agar para UMKM dapat terus menaikkan omsetnya.
"Ke depan kami berharap Smesco ini bukan hanya ada pasar kaget tapi juga menjadi pasar permanen misalnya untuk kuliner nusantara," ujarnya.
Sementara itu, Shinta salah pelaku UMKM yang bergerak di produk handmade and handcraft menyatakan, kegiatan ini menjadi salah satu ikhtiar bagi UMKM untuk terus eksis menjajakan produknya.
Di harapkan, pemerintah terus memberikan dukungan dengan menyediakan tempat-tempat bazar yang lebih terjangkau. Pasalnya, saat ini banyak tempat atau kegiatan bazar yang ada namun harga sewa tempatnya tidak terjangkau.
Baca Juga: Bahayanya Perubahan Enggak Pasti, Kode Airlangga Jelang Perebutan Kursi Jokowi: Koalisi Besar Itu...
"Iya pameran memang ada dimana-mana tapi bayarnya mahal. Kami (UMKM) tidak mampu bayar mahal-mahal," keluhnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Aldi Ginastiar
Advertisement