Cara Mengembangkan Bisnis Steak Agar Bercabang-Cabang dan Berumur Panjang
Founder Steak Ranjang, Bandung, Aditia Zulfikar merupakan lulusan ITB Fisika Nuklir yang justru berkecimpung di bisnis kuliner. Adit tertarik pada bisnis kuliner karena dari hobinya yang suka 'ngemil'. Sejak duduk di bangku kuliah pun ia sudah mulai berbisnis kecil-kecilan, hingga akhirnya setelah lulus kuliah memulai Steak Ranjang yang awalnya hanya steak kaki lima.
Pada tahun 2013, Setak Ranjang pun pindah ke ruko di Dipatiukur, Bandung. Saking suksesnya, meski pandemi sekalipun, Adit masih bisa membuka cabang baru Steak Ranjang. Ini berkat penjualan online yang masif. Hari ini, Steak Ranjang sudah memiliki empat cabang di Bandung.
Baca Juga: Cara Menangani Komplain Customer untuk Bisnis Kuliner, Hindari Kalimat Ini!
Adapun hal yang membedakan Steak Ranjang dengan kompetitor sejenis adalah bisa memilih level pedas, menu Chicken Hamil, dan menu unik lainnya. Inilah yang mendorong konsumen untuk mencoba Steak Ranjang dan akhirnya jadi langganan.
Adit pun menuturkan bahwa bisnis adalah soal mindset untuk bisa komitmen di dalamnya dari awal hingga akhir. Ia juga memberikan tips agar bisnis bisa bertahan lama seperti Steak Ranjang yang sudah berusia 12 tahun.
1. Tentukan tujuan dan target yang jelas
Memiliki tujuan dan target yang jelas saat memulai bisnis akan membuat kita bersemangat. Sehingga, apapun tantangan dan kendala di depan, dengan memiliki tujuan dan target akan senantiasa ikhlas dijalankan.
2. Aksi nyata disertai ilmu
Selain itu, setiap strategi dan keputusan yang diambil harus melalui aksi nyata yang disertai ilmu. Jangan asal-asalan, apalagi ceroboh hingga berdampak pada bisnis.
3. Konsisten dalam menjalankannya
Konsisten atau istiqomah itu berat, yang mudah istirahat. Itulah kenapa kita harus berusaha kesar konsisten dan sabar menjalani bisnis agar bisa bertahan lama.
4. Wajar meng-upgrade kehidupan ketika sudah berpenghasilan
5. Ibadah dan akhirat
Terakhir, senantiasa beribadah dan menjadikan taqwa sebagai pondasi bisnis agar berjalan penuh berkah.
Adit juga mengungkap prisp yang ia pegang yaitu SaSaKoKo dalam berbisnis alias sadar potensi, sabar menjalankan, konsisten dan komitmen. Sehingga, inilah yang menjadi kunci sukses dari keberhasilan Steak Ranjang, karena pemiliknya memiliki mindset yang lurus dan mendalam.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement