Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2023 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Toli Toli, Sulawesi Tengah, pada Sabtu (15/4/2023).
Perkembangan luar biasa dari teknologi informasi dan internet selama pandemi hingga sekarang, menurut We Are Social dan HootSuit pada awal 2023 pengguna internet di Indonesia terus bertambah pesat dan kini mencapai 212,9 juta atau 77 persen dari total penduduk.
Hal ini menuntut agar warga digital harus memiliki kecakapan digital mumpuni agar bisa memanfaatkan potensinya secara maksimal, salah satunya untuk membuat konten sebagai cara menyebarkan hal-hal positif.
Baca Juga: Bijak Menggunakan Media Sosial dengan Beretika
"Di balik media sosial ada algoritma. Dia bekerja menggiring kita pada konten orang dan grup tertentu dan mengarahkan pada hal yang kita sukai," ungkap Sekjen PWI Jatim, Eko Pamuji, narasumber kegiatan literasi digital #makincakapdigital 2023 untuk segmen Komunitas di Kabupaten Toli Toli, Sulawesi Tengah, Sabtu (15/4/2023).
Ia menyontohkan saat memberi tanda suka pada sebuah unggahan, maka platform media sosial yang digunakan akan lebih banyak lagi menawarkan hal yang sama di timeline. Hal ini menjadi cara kerja algoritma yang disadari atau tidak oleh pengguna, sehingga media sosial berlomba untuk membuat semua orang di dalamnya nyaman dengan konten-konten menyenangkan.
Selain itu, semakin lama berada di media sosial, maka semakin baik bagi pemilik platform digital untuk memasang iklannya. Adapun media sosial sebenarnya bisa menguntungkan pengguna jika digunakan untuk hal-hal positif seperti kampanye peduli lingkungan.
Semua jenis media sosial bisa digunakan untuk kampanye kesadaran misalnya melakukan diet kantong plastik. Pergunakan platform yang sesuai sasaran audience, bisa Facebook, Instagram, Twitter maupun YouTube dan TikTok. Kolaborasi dengan mengajak influencer ikut serta bisa menjadi pertimbangan agar kampanye lebih berhasil, apalagi isu lingkungan terbilang kurang diminati tapi semuanya akan tergantung pada kreativitas dalam membuat konten yang menarik.
Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.
Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2023 yang ahli dibidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Sekjen PWI Jatim, Eko Pamuji, Seorang Key Opinion Leader, Ana Livian, dan Ketua STIKOSA AWS, Meithiana Indrasari.
Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui Website event.literasidigital.id, atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan Youtube Literasi Digital Kominfo.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Rosmayanti
Advertisement