Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rizkyana Kainan, Mantan Pramugari yang Kini Jadi Influencer Bagikan Tips Sukses Bangun Branding di Medsos

Rizkyana Kainan, Mantan Pramugari yang Kini Jadi Influencer Bagikan Tips Sukses Bangun Branding di Medsos Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menjadi influencer kini banyak diidamkan masyarakat. Sebab, pekerjaan ini dapat dikerjakan kapan saja dan dari mana saja, bahkan hanya di rumah. Meskipun begitu, penghasilan para influencer tak main-main karena mereka umumnya bekerja sama dengan beberapa brand untuk membantu mengiklankannya.

Influencer dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan followers-nya. Pertama adalah influencer nano yang memiliki jumlah followers 1.000-10 ribu, kemudian mikro dengan followers 10 ribu–100 ribu, dan makro yang memiliki followers lebih dari 100 ribu. Kemudian, ada pula influencer kelas mega yang sudah memiliki followers di atas 1 juta.

Baca Juga: Kembangkan Digital Skills Sesuai Hobi untuk Skala Global

Seperti yang dilakukan Rizkyana Kainan, ibu rumah tangga yang memutuskan resign sebagai pramugari karena hamil pada 2019 dan kini fokus menjadi influencer dengan jumlah pengikut sudah lebih dari 400 ribu.

Berkarier sebagai influencer dimulai pada 2018 lewat platform YouTube, tetapi masih belum ditekuni karena resign hamil. Usai resign, ia lebih memfokuskan bermain media sosial salah satunya di Instagram dan menginspirasi banyak orang dengan membagikan lifestyle dan fashion-nya dengan keluarga kecilnya.

Menurut Rizkyana, sebagai influencer tidaklah mudah. Karena memiliki pengaruh besar di media sosial kepada pengikutnya, ia merasa memiliki tanggung jawab untuk selalu membagikan sugesti positif. Memilih nama Key agar mudah diingat, Rizkyana juga tak lupa bahwa influencer harus memiliki karakter sendiri dan selalu kreatif.

"Menjadi influencer tidak boleh meniru dengan yang lainnya, harus jadi diri sendiri alias harus dengan karakter influencer sendiri karena influencer memberikan sugest positif ke khalayak banyak orang atau suka jadi panutan," ungkapnya.

"Jadi bangunlah personal branding, konsep konten yang matang dan terstruktur, selalu merapikan dan merancang konten, selalu upgrade kemampuan diri kita dan jangan lupa berinteraksi dengan followers kita,: tambahnya.

Kini, pemilik akun Instagram @key.rzky dan @arkaanshaquille.nugroho dan TikTok @key.rzkytv ini sudah banyak bekerja sama dengan beberapa brand, seperti Scarlett, Reglow, Gthingsst, Ancol, Smartfren, Levoit, Sambal ABC, dan masih banyak lainnya.

Rizkyana berpesan untuk para influencer baru agar tidak terlalu selektif saat memilih brand karena influencer dan brand memiliki tujuan yang sama untuk saling membantu dan mendapatkan eksposur.

"Tidak perlu terlalu selektif memilih brand karena tujuannya kan untuk saling membantu dan saling mendapatkan exposure," terangnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: