Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meriahkan Localicious, AstraPay Pecahkan Rekor Transaksi Harian

Meriahkan Localicious, AstraPay Pecahkan Rekor Transaksi Harian Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Platform e-wallet sekaligus digital payment milik Astra International Tbk, yakni PT Astra Digital Arta, melalui platform AstraPay memecahkan rekor baru dalam transaksi harian pada sebuah event. Pada hari pertama (1 Juni 2023) gelaran FIFGROUP 34th LOCALICIOUS tercatat gross transaction value (GTV) atau nilai transaksi bruto sebesar Rp659,4 juta menjadi pencapaian terbesar dari sejumlah event yang pernah diikuti AstraPay, di mana pada event sebelumnya rata-rata hanya mencapai Rp500 juta.

Keberhasilan tersebut juga tercermin dari pencapaian jumlah pembayaran menggunakan AstraPay sebanyak 10.712 transaksi di hari pertama perhelatan peringatan Puncak HUT ke-34 FIFGROUP yang melibatkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan mendatangkan 50 kuliner legendaris di Gelora Bung Karno (GBK).

Chief Executive Officer (CEO) AstraPay, Rina Apriana, mengungkapkan pencapaian jumlah transaksi harian sebesar 107,2% melebihi target yang telah ditetapkan untuk empat hari yaitu sebanyak 10.000 transaksi. Baca Juga: Dukung Bisnis UMKM, AstraPay dan Paxel Kolaborasi Kasih Cashback Ongkir 50%

“Pencapaian tersebut membawa langkah positif dan menjadi kajian bagi kami dalam mengikuti event-event selanjutnya untuk memperluas penetrasi penggunaan AstraPay sebagai platform digital payment. Kami surprise pencapaian jumlah transaksi harian tersebut dan bahkan angkanya sudah melebihi target kami untuk event selama empat hari,” ujar Rina yang dikutip Sabtu (3/6/2023) di Jakarta.

Menurut Rina, jumlah new user yang berhasil didapatkan pada kegiatan tersebut bertambah sebanyak 855 akun baru pada hari yang sama. “Jumlah pengguna AstraPay sebagai digital payment juga bertambah. Hal ini memberikan dampak baik pada pencapaian perusahaan di LOCALICIOUS. Sampai Desember 2022 total user kami mencapai 7,3  juta user dan kini sudah bertambah sebanyak 9,4 juta pengguna. Untuk itu, kami berharap angka tersebut akan terus bertambah kedepannya,” kata Rina.

Adapun pembukaan event puncak peringatan HUT ke-34 FIFGROUP pada tanggal 1 Juni 2023, tercatat sebanyak lebih dari 7.200 pengunjung meramaikan gelaran tersebut. Seluruh tenant berhasil meraup omset harian yang besar, terutama beberapa tenant yang menjual berbagai minuman, dikarenakan kondisi cuaca yang cukup panas, sehingga memungkinkan pembeli mengorder berkali-kali. 

Berdasarkan data penutupan 1 Juni 2023, terdapat 10 tenant dengan jumlah transaksi menggunakan AstraPay tertinggi, di antaranya Cindaga Orange Fresh Juice, Teh Tarik dan Kopi Aceh Ce Bush, Es Durian Iko Gantinyo, Kang Tebu, Rubama Coffee, Goes Es Goyang Kenangan, Tahu Gejrot dan Kue Lekker Arjuna, Cakwe Master, Nasi Jamblang Cirebon Ibu Sumiasih, dan Es Sinar Garut Putra Abah. Kesepuluh tenant tersebut berhasil meraup omset rata-rata di atas Rp5 juta hingga Rp11 juta pada hari pertama pembukaan LOCALICIOUS.

Saat ini AstraPay, menyediakan layanan e-wallet dan digital payment yang sudah dapat diakses menggunakan QRIS. AstraPay telah bekerja sama dengan sejumlah merchant mulai dari pembayaran tagihan, pembelian berbagai kebutuhan seperti pulsa, token listrik, dan beragam fitur pembayaran yang mudah untuk diakses. Baca Juga: Gandeng OJK, FIF GROUP Ajak Para Guru Melek Keuangan

AstraPay juga mendorong secara masif kerja sama dengan sejumlah merchant UMKM sebagai inisiatif perusahaan dalam berkontribusi meningkatkan digitalisasi UMKM di Indonesia. Sampai dengan tahun 2023, AstraPay telah bekerja sama dengan sekitar lebih dari 16.300 merchant di seluruh Indonesia dengan 8.400 di antaranya merupakan merchant UMKM.

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: