Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Unilever Indonesia Perkuat Daya Saing dan Fokus Pengembangan Pasar Segmen Premium dan Value

Unilever Indonesia Perkuat Daya Saing dan Fokus Pengembangan Pasar Segmen Premium dan Value Kredit Foto: Unilever Indonesia.
Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Kantor Pusat Unilever Indonesia, Grha Unilever BSD dan disiarkan secara virtual pada Kamis, 22 Juni 2023. Salah satu agenda RUPST, yakni pembahasan kinerja keuangan UNVR pada kuartal pertama 2023 (tidak diaudit), dividen, dan strategi perusahaan dalam membangun bisnis yang future-fit. P

Presiden Direktur Unilever Indonesia, Ira Noviarti, mengungkapkan bahwa Unilever Indonesia membukukan penjualan bersih sebesar Rp10,6 triliun pada kuartal pertama tahun 2023. Sebagian besar kategori produknya secara efektif meraih pangsa pasar yang lebih baik di tengah ketatnya persaingan. UNVR juga membukukan laba bersih sebesar Rp1,4 triliun dan mencatatkan peningkatan margin kotor dibandingkan tahun sebelumnya. Kinerja tersebut didukung oleh penguatan fundamental di jalur General Trade (GT) dan Modern Trade (MT); sejumlah brand inti yang menawarkan manfaat yang lebih unggul; portofolio yang solid di semua segmen; dan peningkatan daya saing di MT. Selain itu, profitabilitas kami pada kuartal pertama tahun ini juga meningkat dibandingkan kuartal tiga dan empat tahun lalu.

Baca Juga: Unilever Indonesia Tebar Dividen Final Rp71 per Saham, Kapan Cair?

"Pada kuartal pertama tahun ini, kami melihat adanya peningkatan volume pangsa pasar yang menunjukkan bahwa kelima prioritas ini berhasil mendorong daya saing dan memastikan pertumbuhan jangka panjang. Kesuksesan ini didorong oleh peningkatan pangsa pasar 11 kategori diantaranya adalah skin cleansing (perawatan kulit), kecap, oral care (perawatan gigi dan mulut), soup stock (kaldu) dan pencuci piring," ungkapnya dalam paparan publik, Kamis, 22 Juni 2023.

Ira menambahkan, kelima prioritas strategis UNVR adalah: 1) Memperkuat dan unlock potensi penuh dari brand-brand utama; 2) Memperluas dan memperkaya portfolio ke premium dan value segment; 3) Memperkuat kepemimpinan di channel utama (General Trade dan Modern Trade) dan channel masa depan (e-Commerce); 4) Penerapan E-Everything di semua lini bisnis; dan 5) Tetap menjadi yang terdepan dalam pembangunan bisnis yang berkelanjutan.  

Fokus pada program pengembangan pasar dan inovasi yang berdampak

Untuk memperkuat dan membuka potensi penuh dari brand-brand inti, Perseroan terus memprioritaskan program pengembangan pasar dan menghadirkan inovasi yang berdampak. Hasil yang menggembirakan ditunjukkan seluruh unit bisnis Perseroan, termasuk Personal Care dan Nutrition.

Pada unit bisnis Personal Care, upaya Perseroan dalam memperluas pasar mencakup inovasi produk, mengoptimalkan brand inti, mendiversifikasi portofolio produk, dan meningkatkan investasi belanja iklan dan kampanye untuk menunjukkan keunggulan produk. Sebagai hasilnya, terjadi peningkatan pangsa pasar yang sigifikan sebesar 236 basis poin dalam nilai dan volume sebesar 310 basis poin selama tiga bulan terakhir.

Sementara pada kategori Nutrition, kami berhasil meningkatkan konsumsi dan memperluas basis konsumen kami melalui edukasi tentang keunggulan produk dan pentingnya nutrisi yang sehat. Saat ini, bisnis Nutrition telah mencapai penetrasi pasar diatas 95% di Indonesia. Pada kuartal pertama tahun 2023, unit bisnis Nutrition mencatatkan pertumbuhan penjualan yang positif dan memperbesar pangsa pasar secara signifikan dalam nilai dan volume selama tiga bulan terakhir, dengan peningkatan masing-masing sebesar 109 dan 170 basis poin.

Memperkuat portofolio baik di segmen premium dan value

Perseroan terus memperkuat portofolionya baik di segmen premium maupun value. Di segmen premium, Perseroan membukukan pertumbuhan dua digit yang didukung oleh berbagai inovasi, antara lain Vaseline Gluta-Hya; Pond’s Sun Serum; Lifebuoy Natural, dan Pepsodent Herbal. Di segmen value, Perseroan telah melengkapi transformasi portofolionya dengan meluncurkan Lifebuoy Dishwash dan Glow&Lovely Body Wash.

Terus membangun eksekusi yang baik

Aspek lain yang menjadi kunci dari fundamental bisnis adalah eksekusi yang sangat baik di channel utama General Trade (GT) dan Modern Trade (MT) serta channel yang berkembang  seperti e-commerce.D

i GT, Perseroan telah memperkuat jalur Distributive Trade (DT) secara signifikan. Melanjutkan inisiatif transformasi yang kami jalankan sejak tahun lalu, pada kuartal I 2023, kami telah berhasil mengurangi stok di sisi trade. Dengan memperkuat kemitraan dengan para distributor, kami berhasil menjadikan DT kami lebih future-fit. Hasilnya, kami secara signifikan mampu meningkatkan kualitas jangkauan langsung dan juga keragaman produk di toko-toko kami. Pada saat yang sama, di MT, Perseroan juga terus meningkatkan pangsa pasarnya dari sisi volume maupun nilai, sembari terus memastikan bahwa portofolio produk kami dapat terus menjawab kebutuhan konsumen kami.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Lestari Ningsih
Editor: Lestari Ningsih

Advertisement

Bagikan Artikel: