Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Membuat Brand Kuliner Cepat Terkenal, Ini Strateginya!

Cara Membuat Brand Kuliner Cepat Terkenal, Ini Strateginya! Kredit Foto: Ferry Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kompetisi bisnis kuliner yang ketat karena banyaknya brand yang unik, berkelas dan inovatif, membuat konsumen di era sekarang memiliki 'tuntutan' yang juga beragam. Oleh karena itu, diperlukan strategi khusus untuk membuat brand kuliner cepat terkenal.

Kita harus bisa berpikir out of the box dan keluar dari zona nyaman agar bisnis kita cepat terkenal dan disukai pelanggan. Banyak bisnis yang terkenal tidak secara tiba-tiba, semuanya sudah disusun strategi dan polanya. Pola tersebut bernama snow ball effect yaitu efek bola salju yang akan bergulung dan berdampak lebih besar lagi terhadap bisnis. Berikut ulasannya!

Baca Juga: Cara Menciptakan Menu Unggulan di Bisnis Kuliner, Ada 14 Cara yang Bisa Kamu Coba!

1. Branding

Salah satu faktor yang membuat brand cepat terkenal adalah karena adanya branding yang disusun menarik perhatian. Mulai dari pemilihan nama brand, logo, icon, desain kemasan dan desain tempat. Faktor-faktor tersebut tidak boleh dibuat dengan asal, melainkan harus sesuai dengan konsep brand serta target market.

2. Produk jagoan

Setelah itu, harus ada produk jagoan yang digemari konsumen. Pastinya produk jagoan itu harus enak, dibuat dengan 'ekstrem' seperti rasanya yang pedas, porsi yang banyak, harga yang terjangkau, dan lain sebagainya. Kemudian, produk jagoan juga harus sesuai minat target market dan nama yang unik.

3. Konten komunikasi

Setelah itu, buat konten komunikasi untuk mengkampanyekan produk kamu ke khalayak ramai. Mulai dari foto yang bagus dengan pallete warna yang konsisten, desain grafis yang menarik dan kolaborasi bersama KOL atau dengan brand dan komunitas.

4. Media komunikasi

Pastikan kamu memakai media yang populer dalam memilih media komunikasi, seperti Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya. Lalu, memasang iklan di Instagram dan Facebook, karena di dua media sosial tersebut kamu bisa memilih demografi yang spesifik. 

Kemudian, bekerja sama dengan buzzer/influencer, mengundang media lokal atau aktivitas public relation, buat agenda untuk memperluas networking. Semua media ini bisa membuat bisnis kamu semakin terkenal.

5. Sales channel

Di saat kita sudah sukses membuat branding, mengiklankan produk hingga menjangkau audiens atau target market, kita juga harus memastikan produk yang kita jual mudah didapatkan. Karena kalau tidak, semua upaya kita akan sia-sia karena kehilangan peluang penjualan.

Jadi, pastikan sales channel kita lebih dari satu, bisa online dan offline, outlet yang strategis, ada di GoFood atau GrabFood, tersedia di online store atau marketplace.

Terakhir, kita harus memastikan layanan yang diberikan itu cepat dan memuaskan pelanggan. Jangan sampai pelanggan kapok berbelanja produk kita.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: