Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Bolehkan Kandidat Capres Adu Gagasan di UI: Silakan...

Pemerintah Bolehkan Kandidat Capres Adu Gagasan di UI: Silakan... Kredit Foto: Detik
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy, memperkenankan rencana Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) mengundang para kandidat bakal calon presiden (capres) untuk beradu gagasan di lingkungan kampus.

Meski begitu, Muhadjir mengimbau agar pelaksanaannya tetap pada koridor yang telah ditentukan. Pasalnya, kata dia, saat ini belum memasuki masa-masa kampanye kandidat capres di Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Teddy Gusnaidi: Keliru, Mahasiswa Tak Boleh Undang Capres

"Silakan ya, tapi juga diikuti dengan ketentuan-ketentuan, harus betul-betul terukur. Jangan sampai nanti menimbulkan kondisi yang tidak baik di kampus-kampus," kata Muhadjir saat ditemui wartawan di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Kamis (24/8/2023).

Muhadjir menilai adu gagasan terbuka di lingkungan kampus memiliki sisi baik yang bisa dipetik, mengingat mahasiswa sendiri merupakan konstituen pemilih yang telah memiliki kesadaran yang tinggi.

"Yang penting harus betul-betul dijaga kondusivitas dan mereka semua sudah pemilih kalau di kampus, sehingga saya kira tingkat kesadaran untuk berbedanya sudah lebih tinggi," jelasnya.

Lebih lanjut, Muhadjir juga meyakini agenda beradu gagasan itu tidak dimaksudkan sebagai sarana kampanye. Meski begitu, dia pun tak bisa memastikan momentum itu akan dimanfaatkan sebagai sarana kampanye.

"Ya yang penting niatnya untuk debat, bukan debatnya tidak dimaksudkan untuk kampanye. Tapi sebetulnya ada sisi kampanye, gimana kita mau bisa milih. Sekarang saja sudah pada kampanye di medsos," tandasnya.

Sebelumnya, Ketua BEM UI, Melki Sadek Huang, secara terbuka mengundang Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan untuk bertandang di kampusnya. Dia pun menyebut gagasan-gagasan para kandidat capres akan dikuliti dan diuji oleh mahasiswa UI.

Baca Juga: Prabowo Subianto Berpotensi Raih Limpahan Suara dari Capres Lain

Dia juga mengundang ketiga kandidat untuk datang menjabarkan gagasannya pada 14 September 2023 mendatang. Melki Sadek juga mengundang seluruh elemen masyarakat untuk turut menyaksikan momentum tersebut.

"Kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti. Kami mengundang seluruh anak-anak muda, mahasiswa, dan berbagai elemen masyarakat lainnya untuk datang dan melihat ide-ide besar tiap calon pemimpin kita untuk masa depan bangsa," kata Melki Sadek dalam keterangan tertulisnya, Rabu (24/2023).

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: