Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apresiasi Zulkifli Hasan, Upfield Indonesia Sukseskan Ekspor Produk Anak Bangsa!

Apresiasi Zulkifli Hasan, Upfield Indonesia Sukseskan Ekspor Produk Anak Bangsa! Kredit Foto: DJKI
Warta Ekonomi, Jakarta -

Upfield Indonesia telah melakukan pelepasan pengiriman ekspor salah satu produk margarin unggulannya, yaitu BlueBand bertempat di pabrik PT Upfield Manufacturing Indonesia di Cikarang Jawa Barat pada Rabu (06/09). Kegiatan tersebut mendapat dukungan positif dari Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Presiden Direktur PT Upfield Indonesia Dicky Saelan, mengatakan, terlaksananya kegiatan ini merupakan upaya Upfield Indonesia dalam mendorong peningkatan produksi, serta perluasan jangkauan ekspor yang mengoptimalkan tenaga kerja serta ahli asal Indonesia.

Baca Juga: EdgeConneX Memastikan Pembiayaan Terkait Keberlanjutan Sebesar $403,8 Juta untuk Mendukung Ekspansi di Asia

Dicky menjelaskan, PT Upfield Manufacturing Indonesia di Cikarang merupakan salah satu dari pusat produksi kelas dunia yang memproduksi berbagai produk margarin untuk 9 negara dan diestimasikan akan bertumbuh menjadi 12 negara di 2024.

“Hingga kini fasilitas Upfield Indonesia di Cikarang tercatat mampu memproduksi margarin BlueBand yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik domestik maupun ekspor,” kata Dicky dalam keterangan pers tertulis, Kamis (14/09).

Menanggapi hal tersebut, Zulkifli Hasan selaku Menteri Perdagangan Republik Indonesia menjelaskan bahwa Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk  terus mendorong peningkatan ekspor produk-produk Indonesia dan menyambut baik  perluasan jangkauan ekspor dari Upfield Indonesia.

“Peningkatan ekspor merupakan upaya yang harus dikawal bersama, karena sektor ini sangat berpotensi untuk menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Perluas Bisnis ke Mancanegara, Austindo Nusantara Jaya Ekspor Edamame Premium ke India

Dalam kesempatan yang berbeda, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita, menjelaskan, industri manufaktur merupakan salah satu sektor andalan dalam upaya mengakselerasi pertumbuhan ekonomi nasional.

“Dengan peningkatan produksi serta perluasan jangkauan ekspor dari Upfield Indonesia, yang mengoptimalkan SDM asal Indonesia ini tentunya bisa membawa angin segar pada sektor industri manufaktur dan berdampak positif bagi peningkatan perekonomian Indonesia, karena ini merupakan pelepasan ekspor untuk kategori produk plant-based terbesar di Indonesia dan pastinya halal," jelas Agus Gumiwang Kartasasmita.

PT Upfield Manufacturing terbukti mampu memenuhi permintaan produk margarin untuk negara Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Pakistan, Oman, Salomon Island, Saudi Arabia, Korea Selatan, Sri Lanka, Dubai dan Qatar. Hal tersebut berhasil diraih PT Upfield Manufacturing karena senantiasa terus menjaga komitmen untuk menjaga kualitas terbaik, serta kandungan nutrisi terpercaya pada setiap produk yang diproduksi. Beberapa jenis produk margarin yang diproduksi oleh PT Upfield Manufacturing untuk dipasarkan ke negara kawasan Asia, diantaranya BlueBand serbaguna, BlueBand Cake & Cookie, BlueBand Master, Minyak Samin cap Onta dari BlueBand dan Planta (merek komersial BlueBand untuk negara tertentu).

Baca Juga: Gandeng Austrade, Privy Perkuat Ekspansi Bisnis di Australia

Andi Prasojo selaku Head of Supply Chain Manufacturing PT Upfield Manufacturing pun menjelaskan bahwa kontribusi terbesar dari bahan dasar produk margarin Upfield berasal dari minyak kelapa sawit dari Indonesia dan bersertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil  (RSPO). Sertifikat ini mencakup jaminan bahwa Upfield Indonesia telah berkomitmen untuk mengembangkan dan menerapkan standar global dalam produksi, serta pengadaan minyak sawit berkelanjutan, guna meminimalisir dampak negatif dari produksi minyak sawit terhadap lingkungan, satwa liar, dan masyarakat setempat.

“Upfield juga senantiasa terus mengikuti cara produksi makanan yang baik dengan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan Good Manufacturing Practice (GMP) dan sistem Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), sehingga menghasilkan produk margarin yang berkualitas. Lebih dari itu, Upfield Indonesia juga merasa bangga karena pencapaian kualitas tersebut berhasil diraih dengan memaksimalkan tenaga ahli dari putra-putri terbaik Indonesia, baik dari sisi pekerja harian, maupun tenaga ahli untuk riset dan pengembangan produk (R&D),” ujar Andi.

Sejalan dengan visi perusahaan secara global sebagai plant-based company, Upfield Indonesia ingin mendorong berbagai perubahan positif bagi masa depan Indonesia melalui produk margarin ikoniknya, yakni BlueBand.

“Tahun ini BlueBand sekaligus juga memperingati 100 tahun eksistensinya di dunia, dengan senantiasa berkomitmen mendampingi para Ibu dalam membekali pertumbuhan anak untuk menghadirkan nutrisi harian terbaik, melalui margarin yang kaya akan kandungan Omega 3 & 6 dan 6 vitamin yang berperan penting untuk tumbuh kembang anak, terutama dalam hal kecerdasan. Hingga saat ini BlueBand masih menjadi merek margarin nomor satu yang sudah dinikmati oleh konsumen Indonesia,” pungkas Ade Savitri selaku Marketing Director PT Upfield Indonesia.

Upfield Indonesia percaya bahwa perluasan kesempatan bekerja bagi masyarakat dan pemenuhan nutrisi anak merupakan dua hal penting yang sangat dibutuhkan dalam upaya meningkatkan daya saing SDM Indonesia di masa depan.

Baca Juga: Starlink Milik Elon Musk Bakal Hadir di Indonesia, Menkominfo: Tak Akan Ganggu Bisnis Opsel

“Upfield Indonesia berharap diresmikannya peningkatan produksi yang juga ditujukan untuk memenuhi kebutuhan domestik dan ekspor ini dapat memberi pengaruh positif terhadap pemenuhan nutrisi anak sebagai generasi penerus bangsa, sekaligus mendorong pertumbuhan perekonomian nasional,” tandas Dicky

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: