Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menabung di Bank Tetap Jadi Prioritas Masyarakat

Menabung di Bank Tetap Jadi Prioritas Masyarakat Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Bandung -

PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) bersama Jakpat melakukan riset mengenai 'Preferensi Menabung Masyarakat' dan menemukan fakta menarik bahwa menabung masih menjadi pilihan utama masyarakat untuk menjaga stabilitas finansial.

Berdasarkan riset Danamon bersama Jakpat yang menyoroti tiga generasi produktif saat ini, yakni Gen X (generasi lahir pada tahun 1965-1980, sekarang berusia 40-55 tahun), Gen Y atau Milenial (generasi lahir pada tahun 1981-1996, saat ini berusia 24-39 tahun), dan Gen Z (generasi lahir pada tahun 1997-2012, sekarang berusia 8-23 tahun), ternyata masih menganggap menabung sebagai sesuatu yang penting dan menarik.

Consumer Funding & Wealth Business Head PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Ivan Jaya, mengatakan bahwa sebanyak 71% responden menyatakan sangat berminat untuk menambahkan jumlah uang yang mereka tabung ketika mengikuti program ini. Bahkan, 72% responden menganggap uang tunai berupa saldo tabungan, seperti cashback, sebagai hadiah yang paling masuk akal untuk dimenangkan.

Temuan riset tersebut sejalan dengan upaya Danamon untuk menghadirkan kembali program Danamon Hadiah Beruntun untuk kedua kalinya sebagai solusi menarik bagi para nasabah serta calon nasabah baru untuk meningkatkan disiplin mereka dalam usaha menabung.

Baca Juga: Danamon Berikan Solusi Layanan Seamless kepada Nasabah dan Komunitas dengan Transformasi Next Generation Branch Concept

Program ini mendorong motivasi masyarakat untuk terus menabung karena memberikan peluang memenangkan hadiah-hadiah menarik secara berulang.

"Jadi, kami percaya bahwa Danamon Hadiah Beruntun ini menjadi insentif tambahan bagi masyarakat yang memang sudah punya minat dan niat untuk menabung. Kami harap, program ini dapat membantu masyarakat memegang kendali atas tujuan dan kebutuhan finansial mereka, baik melalui pengelolaan keuangan yang lebih baik maupun dengan berbagai hadiah yang semakin banyak dan semakin mudah untuk dimenangkan," jelas Ivan dalam keterangan resminya, Minggu (10/12/2023).

Sementara itu, riset ini juga menunjukkan bahwa 43% responden memilih mobil dan motor sebagai hadiah yang menarik. Hasil ini menunjukkan bahwa hadiah non-moneter tetap memiliki daya tarik signifikan.

Temuan preferensi hadiah berupa cashback dan kendaraan bermotor ini mendukung hasil riset sebelumnya mengenai Danamon Hadiah Beruntun yang dilakukan Danamon bersama lembaga riset independen lainnya, sehingga membuktikan bahwa Danamon Hadiah Beruntun bisa menjadi program yang tepat untuk meningkatkan motivasi masyarakat dalam hal menabung.

"Kemudian apabila berbicara mengenai fitur produk tabungan, hampir 50% dari masing-masing fitur yang paling diminati adalah bebas biaya transfer, bebas biaya top up e-wallet, tarik tunai di ATM lain tidak dipungut biaya, dan bebas biaya admin," ungkapnya.

Menurutnya, sebagai organisasi yang customer-centric, Danamon selalu berupaya tumbuh bersama nasabah dengan mendengarkan dan memahami kebutuhan mereka. Karenanya, Danamon menyediakan beragam program unggulan, termasuk tabungan yang memenuhi berbagai kebutuhan finansial nasabah.

Riset Danamon bersama Jakpat menunjukkan menabung di bank masih menjadi pilihan relevan bagi masyarakat Indonesia. Dengan produk tabungan bank, dana yang disimpan cenderung lebih aman dan bisa juga digunakan untuk kebutuhan jangka pendek hingga panjang karena sifatnya yang likuid. Terlebih, setiap orang memiliki preferensi dan kebutuhan yang berbeda-beda atas produk tabungan. Itulah sebabnya Danamon memiliki berbagai pilihan produk tabungan.

Baca Juga: Sinergi Danamon dengan Bareksa Hadirkan Direct Debit hingga Rp1 Miliar per Hari untuk e-Investasi

Ragam produk tabungan Danamon juga mencerminkan respons terhadap temuan kebutuhan dan ekspektasi masyarakat terhadap produk tabungan, antara lain Tabungan Danamon LEBIH PRO, Tabungan FlexiMAX, dan Tabungan Danamon Save.

Ivan menambahkan Danamon memiliki berbagai produk tabungan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan dan preferensi nasabah, mulai dari produk tabungan untuk anak-anak, tabungan Syariah, hingga tabungan yang dapat membantu nasabah mengelola mata uang berbeda.

"Sebagai organisasi yang mengutamakan nasabah, Danamon tidak hanya menyediakan program unggulan tetapi juga berkomitmen memberikan solusi finansial yang sesuai untuk setiap tahap dalam kehidupan nasabah agar dapat senantiasa tumbuh bersama Danamon,” pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: