Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tunjukan Cinta Kebudayaan Indonesia dengan Konsisten Produksi Konten Budaya Lokal

Tunjukan Cinta Kebudayaan Indonesia dengan Konsisten Produksi Konten Budaya Lokal Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Trenggalek -

Dalam rangka mewujudkan Indonesia Makin Cakap Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo RI) menyelenggarakan webinar #MakinCakapDigital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur dengan tema “Pengembangan Budaya & Seni Indonesia di Media Digital” pada Senin (1/4/2024).

Indeks literasi digital Indonesia pada 2023 berada di angka 3,65 dari skala 1-5. Angka ini berada di tingkat sedang, sekaligus menunjukkan peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu 3,54.

Masifnya kemajuan teknologi perlu diimbangi peningkatan literasi digital. Masyarakat harus menyadari besarnya gempuran budaya asing di ruang digital membuat budaya Indonesia seakan menghilang. Anak-anak muda sekarang lebih mengenal budaya Korea Selatan, padahal Indonesia memiliki beragam budaya yang tidak kalah menarik.

Koordinator Mafindo Purworejo (Fasilitator Literasi Digital & Pendidikan Keluarga), Kasihani mengatakan, setiap individu berkontribusi menjaga eksistensi budaya Indonesia di ruang digital. Sebarluaskan konten budaya lokal melalui media sosial agar orang lain tertarik dengan keunikan budaya Indonesia.

“Kita dulu yang menjadi konten kreatornya. Kita dulu yang menyebarkan budaya itu ke media sosial yang kita punya,” kata Kasihani saat menjadi pembicara webinar Makin Cakap Digital 2024 untuk segmen komunitas di wilayah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, Senin (1/4/2024).

Baca Juga: Ayo Ramaikan Ruang Digital dengan Konten Budaya Lokal

Ketika sudah menemukan keunikan budaya yang disukai, setiap individu dapat menjadikannya ide konten agar diproduksi secara konsisten. Pastikan konten diunggah pada momen tepat, sehingga mendapat banyak perhatian pengguna media sosial terkait.

Kasihani menambahkan, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai 50 persen jumlah penduduk. Hal ini menjadi modal bagus untuk menunjukkan budaya lokal Indonesia di media sosial. Setiap individu harus lebih produktif. Jangan hanya menggunakan media sosial sebagai konsumen.

Dalam kesempatan sama, Ketua RTIK Kab. Pasuruan & Kaprodi Teknik Informatika Univ. Yudharta Pasuruan, M. Imron Rosadi menambahkan, setiap individu dapat mengoptimalkan konten digital untuk branding budaya dan seni Indonesia di ruang digital.

“Kita bisa meningkatkan kredibilitas seni dan budaya kita. Jangan sampai budaya kita kalah dengan budaya asing,” kata Imron.

Narasumber lainnya, Trainer Komunikasi, Public Speaking Coach, Bayu Oktara mengatakan, banyak individu cepat bereaksi terhadap setiap postingan di media sosial, tanpa mencari tahu atau memverifikasi. Imbasnya, muncul masalah baru karena respons yang diberikan tidak tepat.

“Pemahaman literasi digital harus terus diperbarui, tapi ada satu yang tidak pernah berubah, yaitu pedoman moral sebagai manusia. Dalam kehidupan sehari-hari di dunia nyata maupun digital, ada nilai yang kita pegang sebagai manusia,” kata Bayu.

Baca Juga: Apresiasi Strategi dan Desain Bisnis Baru, Warta Ekonomi Gelar Digital Innovation Awards 2024

Kegiatan Makin Cakap Digital 2024 merupakan rangkaian program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. Program ini bertujuan meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat di Indonesia.

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya, yaitu Koordinator Mafindo Purworejo (Fasilitator Literasi Digital & Pendidikan Keluarga), Kasihani, Ketua RTIK Kab. Pasuruan & Kaprodi Teknik Informatika Univ. Yudharta Pasuruan, M. Imron Rosadi, dan Trainer Komunikasi, Public Speaking Coach, Bayu Oktara sebagai key opinion leader (KOL).

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan YouTube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: