BPJS Kesehatan terus memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).
Salah satu terobosan inovatif yang diperkenalkan adalah layanan BPJS Keliling, yang bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat dengan mengusung konsep ‘jemput bola’
Selain memberikan kemudahan dalam hal administrasi, BPJS Keliling juga menjadi sarana promosi dan corporate branding yang efektif untuk memperkenalkan program-program BPJS Kesehatan kepada masyarakat luas.
BPJS Keliling dirancang untuk memfasilitasi berbagai kebutuhan administrasi kepesertaan JKN-KIS dengan mudah, cepat dan tanpa harus mengunjungi kantor cabang BPJS Kesehatan.
Baca Juga: BPJS Kesehatan Resmikan Gedung Baru di Kota Binjai
Kepala Bagian MKK BPJS Kesehatan Cabang Medan, Faisal Bukit, menyampaikan beberapa hal layanan yang ditawarkan oleh BPJS Keliling.
“Di BPJS Keliling ini bisa dilakukan untuk pendaftaran peserta baru. Masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS dapat langsung mendaftar di lokasi-lokasi yang didatangi oleh BPJS Keliling. Ini memudahkan mereka yang tinggal di daerah yang jauh dari kantor cabang BPJS Kesehatan,” ujarnya, Senin (9/9/2024)
Pertemuan ini dihadiri Kepala BPJS Kesehatan Cabang Medan, dr Yasmine Ramadhana Harahap, Kabid Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kota Medan, Supriyanto, Asisten Deputi Bidang SDMUK Kepwil I, Iwan Adriady, dan Kepala Bidang SDM, Umum dan Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Medan, Ikhwal Maulana, Bukit menyampaikan, BPJS Keliling juga melayani berbagai urusan administrasi kepesertaan, seperti perubahan data pribadi atau status kepesertaan.
“Bagi peserta yang kehilangan kartu atau memerlukan pencetakan ulang kartu JKN-KIS, BPJS Keliling menyediakan layanan ini dengan syarat tertentu, sehingga peserta tidak perlu repot datang ke kantor cabang,” ujarnya.
BPJS Keliling juga membantu peserta untuk melakukan registrasi aplikasi Mobile JKN, yang memungkinkan akses informasi dan layanan BPJS Kesehatan secara online melalui perangkat mobile.
Baca Juga: Fixomull Kini Bisa Dinikmati Pasien BPJS Kesehatan
“Dalam upaya mempermudah proses administrasi, BPJS Keliling juga melayani pengambilan berkas dari agen pesiar (Petakan, Sisir, Advokasi, dan Registrasi), sehingga proses pengelolaan dokumen kepesertaan menjadi lebih efisien,” jelasnya.
Masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut tentang layanan BPJS Kesehatan, kata dia, juga dapat mengaksesnya melalui BPJS Keliling, termasuk informasi tentang fasilitas kesehatan, status iuran dan manfaat JKN-KIS.
“BPJS Keliling juga siap menangani keluhan atau pengaduan dari peserta, sehingga masalah yang dialami peserta dapat diselesaikan dengan cepat dan efektif,” katanya.
Layanan BPJS Keliling ini, sambung dia, diharapkan mampu meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS dengan menyediakan akses yang lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan urusan administrasi. "Dengan konsep ‘jemput bola’, BPJS Kesehatan proaktif menjangkau masyarakat, serta mempromosikan pentingnya kepesertaan dalam program JKN-KIS," pungkasnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Khairunnisak Lubis
Editor: Amry Nur Hidayat
Advertisement