Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ajinomoto Dorong Bisnis Kuliner Sehat dengan Kampanye Bijak Garam

Ajinomoto Dorong Bisnis Kuliner Sehat dengan Kampanye Bijak Garam Kredit Foto: Ajinomoto
Warta Ekonomi, Jakarta -

Grup Ajinomoto Indonesia meluncurkan kampanye edukasi bertajuk "Bijak Garam" melalui Seminar Food Service di Program Studi Hotel Manajemen Binus University pada 21 November 2024. Kegiatan ini bertujuan mendorong penerapan gaya hidup sehat sekaligus memberikan wawasan bagi calon pengusaha kuliner untuk menciptakan menu yang lebih sehat dan tetap menguntungkan. Seminar berlangsung di Restaurant Laboratory Kampus Anggrek, Jakarta Barat, dengan menghadirkan berbagai inovasi dari Ajinomoto Professional.

"Sebagai bagian dari Ajinomoto Health Provider, kami tidak hanya memperkenalkan produk, tetapi juga berbagi inspirasi menu yang memenuhi pedoman gizi seimbang serta memberikan nilai bisnis yang tinggi," ujar Andalina Novyanti, Head of Horeca Department PT Ajinomoto Indonesia. Dalam sesi ini, mahasiswa tidak hanya mendapatkan edukasi tentang produk Ajinomoto Professional, tetapi juga memahami pentingnya mengurangi penggunaan garam dalam memasak.

Baca Juga: Ajinomoto Indonesia Pastikan Seluruh Produk Bersertifikat Halal

Konsep "Bijak Garam" menjadi fokus utama seminar ini. Dengan cara sederhana seperti mengganti sebagian garam dengan MSG dalam masakan, Ajinomoto menunjukkan bahwa cita rasa tetap dapat terjaga tanpa mengorbankan kesehatan. Andalina mencontohkan, dalam memasak sup ayam khas Jepang, pengurangan garam hingga separuhnya dengan tambahan sedikit MSG mampu menghasilkan rasa yang seimbang. "Langkah ini sejalan dengan anjuran Kementerian Kesehatan RI untuk mengurangi asupan gula, garam, dan lemak dalam pola makan masyarakat," jelas Andalina.

Dalam sesi praktik, peserta mencoba "tori no suimono" (sup ayam khas Jepang) untuk merasakan perbedaan rasa antara masakan dengan garam saja dan masakan yang menggunakan konsep Bijak Garam. Selain itu, Executive Chef Dedes Dwi Ratna Sari dari STUBE GROUP Jakarta memperkenalkan lima menu inspiratif, termasuk Beef Black Pepper Wraps dan Sushi Sandwich dengan Beef Maranggi Satay, sebagai contoh kreasi kuliner yang sehat dan profitable.

Baca Juga: Ajinomoto Dorong Kesejahteraan Berkelanjutan bagi Indonesia melalui Inisiatif AminoScience

Seminar ini juga menyoroti platform Ajinomoto Professional, yang memberikan solusi lengkap bagi pelaku usaha kuliner melalui resep, tips, dan inspirasi menu. Edukasi serupa akan dilanjutkan pada Januari 2025 di berbagai universitas dengan Program Studi Hotel Manajemen.

Kampanye Bijak Garam tidak hanya berfokus pada pendidikan calon pengusaha, tetapi juga berupaya mengubah pola makan masyarakat untuk mendorong harapan hidup yang lebih sehat. "Kami ingin menciptakan masa depan kuliner yang tidak hanya lezat, tetapi juga lebih baik bagi kesehatan masyarakat," tutup Andalina.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: