Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Transaksi TikTok Shop Meledak 10 Kali Lipat Saat Sahur!

Transaksi TikTok Shop Meledak 10 Kali Lipat Saat Sahur! Kredit Foto: Tiktok
Warta Ekonomi, Jakarta -

Live streaming melalui fitur LIVE di TikTok mencatat lebih dari 2 miliar penonton di awal Ramadan 2025, menandai lonjakan aktivitas belanja online selama bulan suci. Produk-produk seperti baju muslim wanita, parfum, skincare, make-up, dan hampers menjadi yang paling laris di TikTok Shop by Tokopedia.

Tidak hanya itu, dalam seminggu pertama Ramadan, lebih dari 72 juta video pendek diunggah oleh penjual dan kreator di TikTok. Angka ini meningkat signifikan dibanding tahun sebelumnya, yang mencatat jutaan video sepanjang bulan Ramadan 2024. Sistem rekomendasi berbasis penemuan (discovery e-commerce) di TikTok mendorong pengalaman belanja daring yang lebih aman, terpercaya, dan interaktif.

Baca Juga: Hadirkan Durasi Konten Lebih Panjang, TikTok Ajak Pengguna Rayakan Keseruan #RamadanDiTikTok

“Jutaan penjual di Tokopedia dan TikTok Shop bisa meningkatkan transaksi lewat ekosistem yang sinergis bersama TikTok melalui konten video promosi yang dibuat oleh penjual maupun jutaan kreator,” ujar Anggini Setiawan, Communications Director TikTok Indonesia.

Salah satu contoh sukses adalah brand lokal Gaudi, yang berhasil meningkatkan penjualan dua kali lipat di TikTok Shop tahun lalu lewat fitur LIVE. Selain itu, jumlah penjual di TikTok Shop menjelang Ramadan 2025 naik 40%, menunjukkan tingginya minat pelaku usaha dalam memanfaatkan platform ini.

Transaksi Saat Sahur Naik Lebih dari 10 Kali Lipat

Program Ramadan Ekstra Seru yang digelar Tokopedia dan TikTok Shop hingga 25 Maret 2025 juga berkontribusi besar dalam mendorong penjualan. Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia dan TikTok E-commerce, mengungkapkan bahwa nilai transaksi saat sahur melonjak 10,5 kali lipat dibanding hari biasa.

“Sahur menjadi salah satu waktu yang paling digemari masyarakat untuk belanja. Ramadan Ekstra Seru menawarkan berbagai promo menarik seperti gratis ongkir, flash sale, dan diskon,” ujarnya.

Tak hanya bagi konsumen, kampanye ini juga memberi manfaat besar bagi penjual dan brand lokal. Misalnya, Kurma Alif, lini bisnis Kalaborasi Group, mencatat kenaikan penjualan hingga 10 kali lipat setelah memanfaatkan integrated seller center Tokopedia dan TikTok Shop.

Seiring meningkatnya aktivitas belanja, komunitas TikTok turut memeriahkan Ramadan dengan berbagai konten inspiratif. Lima tren terpopuler Ramadan 2025 di TikTok menghasilkan lebih dari 200 ribu unggahan dalam seminggu pertama Ramadan melalui tagar #Bukber, #RamadanCore, #TakjilRamadan, #MenuBukaPuasa, dan #BerkahRamadhan.

Baca Juga: Sambut Ramadan, TikTok Gelar Pelatihan Gratis #MajuBarengTikTok untuk Dukung UMKM Naik Kelas

Salah satu kreator yang memanfaatkan momentum ini adalah Ibun Mall, yang sukses mencetak transaksi miliaran rupiah per bulan berkat konten promosi Paket Mudik yang berisi perlengkapan bayi dari penjual di TikTok Shop. Ibun Mall bahkan telah memberdayakan 100 host untuk melakukan live streaming hingga 20 jam sehari guna mempromosikan produk dari 30 UMKM lokal dan industri rumahan.

Kini, TikTok juga memungkinkan pengguna merekam video hingga 10 menit secara native di dalam aplikasi. Inovasi ini membuka ruang kreatif lebih luas bagi kreator dan penjual untuk membagikan inspirasi, rekomendasi, serta promosi produk secara lebih mendalam.

Tahun ini, TikTok menggandeng kreator dan publisher dalam menghadirkan konten spesial Ramadan, seperti SABAR (Sahabat Bulan Ramadan) yang menampilkan resep berbuka puasa bersama kreator Mursid (Puding Roti), serta Serial Drama Ramadan dari rumah produksi Anatman Films (Long Distance Ramadan) untuk menemani ngabuburit.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: