Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perjalanan Extra Joss, dari Jawa Timur hingga Jadi Ikonik Minuman Energi di Indonesia

Perjalanan Extra Joss, dari Jawa Timur hingga Jadi Ikonik Minuman Energi di Indonesia Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Di tengah beragam pilihan suplemen dan vitamin untuk meningkatkan stamina, masyarakat Indonesia sangat familiar dengan minuman energi Extra Joss. 

Extra Joss pertama kali diluncurkan pada 14 Agustus 1994 oleh PT Bintang Toedjoe, anak perusahaan dari Kalbe Farma. Nama "Extra Joss" dipilih karena mudah diingat dan memiliki kesan segar. Kata "joss" berasal dari dialek pergaulan masyarakat Surabaya yang berarti "manjur" atau "oke".

Pada awal peluncurannya, Extra Joss hanya didistribusikan di Surabaya dan Malang. Namun, setahun kemudian, tepatnya pada April 1995, PT Bintang Toedjoe melakukan grand launching dengan distributor resminya, PT Wicaksana Overseas International. 

Strategi pemasaran melalui iklan radio dan TV dengan slogan "Buat Apa Beli Botolnya? Ini Biangnya" sukses membuat produk ini langsung dikenal luas. Bahkan, Extra Joss sempat kehabisan stok karena tingginya permintaan.

Seiring waktu, Extra Joss terus berinovasi dengan meluncurkan berbagai varian dan kampanye menarik. Pada 1999-2001, Extra Joss memperkenalkan kampanye "Extra Joss Biang 2000" untuk menyambut tahun baru milenium. Mereka juga bekerja sama dengan KONI dalam program "Extra Joss 1 Miliar", memberikan bonus bagi atlet peraih medali olimpiade.

Di tahun 2001, Extra Joss meluncurkan Extra Joss Tab, varian tablet effervescent yang lebih premium. Mereka juga menggandeng tokoh-tokoh seperti Ahmad Dhani, Sujiwo Tejo, dan Taufik Hidayat dalam kampanye "Generasi Biang" (Genbi).

Pada 2002, Extra Joss mengundang bintang sepak bola internasional, Alessandro Del Piero, sebagai bintang iklan. Mereka juga aktif dalam kegiatan sosial seperti program "Kurban 1 Miliar" setiap Idul Adha.

Baca Juga: Sukses Lewat 'Marketing Unik' ala Ci Mehong atau Tjio Nofia Handayani, dari Jual Tanah Kuburan hingga Bisnis Kuliner

Tahun 2004-2005 menjadi periode penting dengan peluncuran varian baru seperti Extra Joss X (dalam kemasan kaleng) dan Extra Joss LG yang mengandung L-Glutamine. Pada 2005, hadir pula Extra Joss Endurans untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Saat Piala Dunia FIFA 2006, Extra Joss meluncurkan kampanye "Extra Joss Laga Juara" dengan menggaet Cristiano Ronaldo sebagai bintang iklan. Mereka juga menciptakan konsep unik bernama "Boladiator" dan menggelar acara nonton bareng "Bolaskop" di berbagai kota.

Tahun 2007, Extra Joss memperkenalkan logo baru dan bekerja sama dengan Coca-Cola Indonesia untuk meluncurkan Extra Joss Strike dalam kemasan kaleng. Varian rasa baru seperti Anggur Burst, Krim Soda, dan Apel Blackcurrant juga diperkenalkan.

Pada 2008, Extra Joss meluncurkan Joss Fit, minuman energi hangat dengan varian Jahe dan Teh Madu. Setahun kemudian, hadir E-Juss dengan rasa anggur yang menyegarkan.

Di tahun 2024, Extra Joss merayakan 30 tahun kehadirannya di Indonesia. Mereka terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung talenta lokal, terutama di bidang olahraga dan kebugaran.

Baca Juga: Perjalanan Netflix, dari Kirim DVD Pakai Amplop hingga Jadi Pemenang Pasar

Baca Juga: Cerita Jahja Santoso Pendiri Sanbe Farma, dari Produksi Obat Generik Rumahan hingga Punya RS Santosa Bandung International Hospital

Dari Surabaya, Extra Joss telah membuktikan diri sebagai salah satu merek minuman energi paling populer di Indonesia. Dengan berbagai inovasi dan kampanye kreatif, produk ini tetap relevan dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat selama tiga dekade.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: