Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Thailand Week 2025 Resmi Dibuka, Pererat Hubungan Diplomatik 75 Tahun Lewat Pintu Perdagangan

Thailand Week 2025 Resmi Dibuka, Pererat Hubungan Diplomatik 75 Tahun Lewat Pintu Perdagangan Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Thai Trade Center Jakarta, di bawah naungan Department of International Trade Promotion (DITP) Kementerian Perdagangan Thailand, secara resmi membuka Thailand Week 2025 di Laguna Atrium, Central Park Mall, Jakarta (8/8).

Acara yang berlangsung selama tiga hari (8-10 Agustus) ini sekaligus memperingati 75 tahun hubungan diplomatik antara Thailand dan Indonesia, menandai komitmen kedua negara dalam mempererat kerja sama ekonomi dan budaya.

Pembukaan acara dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk H.E Prapan Disyatat (Duta Besar Thailand untuk Indonesia), Dr. Edi Prio Pambudi (Deputi Menteri Kemenko Perekonomian RI), serta Hataichanok Sivara dan Kumtornpol Buapatch dari Thai Trade Center Jakarta.

Baca Juga: Thailand Jadi Primadona Buat Investor Global, Arus Dana Asing Capai US$13 Miliar

Dengan tagline "Unity in Culture, Connecting Opportunity", Thailand Week 2025 menampilkan 33 booth eksklusif yang terdiri dari 14 eksportir Thailand, 16 importir Indonesia, dan 3 booth pemerintah Thailand menciptakan ruang interaktif untuk kolaborasi bisnis lintas negara.

Hataichanok Sivara, Direktur Thai Trade Center Jakarta, menegaskan pentingnya acara ini, "Melalui acara ini, kami tidak hanya mempromosikan perdagangan, tetapi juga sebagai jembatan persahabatan, peluang, dan pertumbuhan bersama antara Thailand dan Indonesia.

Salah satu fokus utama kami dalam acara ini adalah kegiatan business matching, yang kami harapkan dapat mendorong negosiasi perdagangan untuk mencapai THB 30 juta dalam waktu satu tahun." Pernyataan ini menegaskan posisi Thailand Week sebagai platform strategis penguatan hubungan bilateral.

Edi Prio Pambudi, Deputi Menteri Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi dan Investasi, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, berkomentar, “Thailand Week 2025 menjadi momentum penting untuk memperkuat hubungan dagang Indonesia–Thailand, yang selama ini sudah berjalan baik. Melalui kesempatan seperti ini, pelaku usaha dari kedua negara dapat bertemu langsung, menjalin kemitraan, dan mengembangkan rantai pasok yang saling menguntungkan. Kami berharap kolaborasi ini tidak hanya meningkatkan nilai perdagangan bilateral, tetapi juga mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi yang inklusif bagi masyarakat di kedua negara.”

Zona Business Matching tahun ini menghadirkan berbagai merek unggulan dari Thailand yang berasal dari sektor makanan dan minuman, kecantikan dan kesehatan, serta gaya hidup dan desain rumah. Setiap merek membawa cerita produk yang menarik dan portofolio yang siap untuk diekspor.

Merek-merek tersebut mencerminkan bagaimana wirausahawan Thailand memadukan warisan budaya dengan inovasi dan estetika modern menghasilkan produk yang otentik sekaligus memiliki daya saing global. Sebagian besar dari mereka sedang mencari distributor, mitra ritel, atau kolaborasi OEM/ODM, menjadikan ini momen yang tepat bagi pelaku usaha Indonesia untuk membangun kerja sama strategis.

Baca Juga: Orang Thailand Lebih Tertarik Mobil Hybrid Ketimbang Mobil Listrik Murni, Akses Pinjaman Juga Dipermudah

Selain sebagai wadah pertukaran budaya, Thailand Week juga bertujuan untuk meningkatkan kehadiran barang dan jasa Thailand di Indonesia dengan menjadi platform strategis untuk promosi perdagangan dan jaringan bisnis.

Disamping itu, Thailand juga berharap kedepannya dapat menjadi mitra dagang yang andal dan inovatif, dengan menampilkan beragam produk dan layanan berkualitas tinggi yang ditawarkan mulai dari sektor makanan, kecantikan, dan kesehatan, hingga bahan bangunan. 

Tidak hanya menampilkan potensi perdagangan, acara ini juga menjadi perayaan kekayaan budaya Thailand, yang dihadirkan secara langsung kepada masyarakat Indonesia melalui demonstrasi memasak, pertunjukan tari tradisional, dan berbagai pengalaman khas Thailand lainnya.

“Melalui kombinasi antara nilai ekonomi dan budaya, acara Thailand Week tahun ini diharapkan dapat mempererat hubungan antara Thailand dan Indonesia sekaligus membuka peluang kolaborasi yang lebih luas di masa depan,” tutup Hataichanok Sivara. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: