WE Online, Jakarta - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menggandeng pemilik jaringan Hotel Accor Group untuk memperkuat tingkat loyalitas nasabah pemegang kartu debit dan kredit Bank mandiri sekaligus memberi kenyamanan sistem pembayaran bagi para tamu Hotel Accor.
Direktur Utama Mandiri Budi G Sadikin mengatakan, kerja sama tersebut akan sangat menguntungkan kedua belah pihak karena Bank Mandiri dan Accor Hotels merupakan dua entitas bisnis yang cukup besar di masing-masing industri. Saat ini Bank Mandiri memiliki 3,6 juta pemegang kartu kredit dan lebih dari 12 juta pemegang kartu debit serta jumlah EDC terpasang sebanyak 285.947 unit di seluruh Indonesia.
"Kami akan terus bersinergi dengan merchant-merchant yang telah memiliki basis pelanggan yang kuat, untuk mengembangkan berbagai program promosi yang dapat memberikan nilai tambah bagi nasabah yang telah menempatkan dana dan bertransaksi di jaringan Bank Mandiri," ujar Budi di Jakarta, Rabu (20/5/2015).
Direktur Consumer Banking Bank Mandiri Hery Gunardi menambahkan, sinergi itu juga didasarkan pada semakin meningkatnya tingkat pemanfaatan EDC sebagai sarana transaksi nasabah. Pada periode Januari-Maret, total transaksi menggunakan EDC Bank Mandiri mencapai 37,3 Juta transaksi dengan volume sebesar Rp32,2 triliun. Jumlah itu naik 22 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu dan salah satunya dibukukan oleh transaksi travel, hotel dan airlines.
"Kerja sama ini juga sangat potensial bagi Bank Mandiri untuk meningkatkan transaksi kartu kredit dan kartu debit Mandiri sejalan dengan program-program loyalitas yang terus dikembangkan perseroan. Kami akan segera menempatkan minimal satu mesin EDC di setiap jaringan Accor. Hingga saat ini 45 hotel dari 96hotel Accor di Indonesia telah menggunakan EDC Bank Mandiri," kata Hery.
Pada periode Januari-Maret 2015, total transaksi menggunakan kartu debit Bank Mandiri mencapai 16,4 Juta transaksi dengan volume sebesar Rp12,1 triliun. Jumlah itu naik 49 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Sementara transaksi menggunakan kartu kredit Bank Mandiri dalam tiga bulan pertama 2015 sebesar 8,4 juta dengan sales volume sebesar Rp7,3 triliun atau naik 38 persen dibandingkan Januari-Maret 2014.
Sementara Chief Operating Officer, Accor untuk Malaysia-Indonesia-Singapura Gerard Guillouet mengatakan Accor dan Bank Mandiri memiliki banyak kesamaan. Accor adalah operator hotel internasional terbesar di Indonesia sedangkan Bank Mandiri adalah bank lokal terbesar di Indonesia. Keduanya adalah pemimpin di industri kami masing-masing. Kedua perusahaan juga memiliki basis pelanggan yang besar dan loyal, oleh karena itu layanan kepada pelanggan merupakan orientasi utama. Selain itu, baik Accor maupun Bank Mandiri sangat yakin dengan potensi industri pariwisata di Indonesia.
"Jadi dapat Anda bayangkan betapa antusiasnya kami dengan kemitraan strategis yang terjalin hari ini apalagi kemitraan ini sejalan dengan strategi bisnis Accor di Indonesia untuk menjalin kemitraan dengan banyak entitas di sektor pariwisata, diantaranya kami sudah bermitra dengan Kementerian Pariwisata dan industri penerbangan Indonesia," kata Guillouet.
Saat ini jaringan Accor meliputi lebih dari 3.700 hotel dan 480.000 kamar di seluruh dunia dengan brand antara lain Sofitel, Pullman, Grand Mercure, MGallery, Novotel, Mercure, dan keluarga Ibis (ibis Styles, ibis dan ibis budget).
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Achmad Fauzi
Tag Terkait:
Advertisement