MCorp dan PT AI Indonesia Jalin Kerja Sama Kembangkan Tiga Produk AI untuk Pemasaran
Kredit Foto: Istimewa
MCorp resmi mengumumkan kerja sama strategis dengan PT AI Indonesia dalam rangka pengembangan tiga produk berbasis kecerdasan artifisial yang ditujukan untuk memperkuat ekosistem pemasaran nasional.
Pengumuman ini disampaikan pada gelaran MarkPlus Conference 2026, acara tahunan MCorp yang digelar pada hari Kamis (11/12/2025) di Ballroom Hotel Ritz-Carlton, Pacific Place, Jakarta.
MarkPlus Conference merupakan forum yang telah menjadi rujukan bagi para profesional pemasaran dalam memperoleh wawasan terbaru mengenai tren industri. Tahun ini, kolaborasi antara MCorp dan PT AI Indonesia menjadi salah satu sorotan utama.
MCorp, yang didirikan oleh Hermawan Kartajaya, memasuki fase baru transformasi digital melalui kemitraan dengan PT AI Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang konsultasi serta implementasi teknologi kecerdasan artifisial bagi korporasi nasional maupun lembaga publik.
Dalam sambutannya, Hermawan Kartajaya menegaskan pentingnya kolaborasi lintas disiplin untuk menjawab perkembangan teknologi yang semakin pesat.
“Saya senang dengan PT AI Indonesia yang menjadi partner kami, karena kami sadar bahwa kami membutuhkan kerja sama dengan perusahaan di bidang Artificial Intelligence. Perusahaan kami fokus di bidang Marketing dan PT AI Indonesia fokus di bidang implementasi teknologi AI,” ujarnya di hadapan ribuan peserta.
Kerja sama ini mencakup pengembangan tiga produk utama yang diklaim mampu mempercepat adopsi kecerdasan artifisial dalam dunia pemasaran. Sony Subrata selaku CEO PT AI Indonesia menjelaskan bahwa ketiga produk tersebut dirancang untuk memberikan nilai strategis bagi institusi pendidikan, pemilik brand, hingga korporasi besar.
Sony Subrata juga menyebut bahwa kolaborasi MarkPlus dengan PT AI Indonesia saat ini tengah mengembangkan tiga produk AI sekaligus, yakni MAISTRO, Strategic Brand Guidelines 2026, dan SuperSalesAgent.
“Pertama, adalah 'MAISTRO', sebuah program pendidikan dengan konsep video-on-demand, di mana semua AI video ini akan diproduksi sebanyak 150 tema untuk 100 kampus di seluruh Indonesia. Ini adalah terobosan baru di mana digital twin dari Bapak Hermawan Kartajaya akan mengajar berbagai konsep dan studi kasus marketing dalam bentuk AI video,” ujar Sony Subrata.
“Kedua, kami juga mengembangkan 'Strategic Brand Guidelines 2026', yang merupakan penyusunan strategi marketing dengan memanfaatkan berbagai platform generative AI seperti Claude Opus 4.5, Gemini 3, Perplexity Pro, Super Grok Heavy, dan ChatGPT 5.1. Dengan dokumen ini, pemilik brand akan mendapatkan rekomendasi strategi yang komprehensif dan implementatif,” ungkapnya.
“Ketiga, di dalam kerja sama kami, juga hadir 'SuperSalesAgent' yang merupakan AI Agent untuk membantu korporasi sebagai sales team yang terbaik, yang bekerja 24 jam sehari, 7 hari seminggu non-stop. AI Agent ini diprogram untuk memahami berbagai strategi marketing dari literatur MarkPlus sehingga mereka menjadi para penjual digital yang sangat canggih dalam berkomunikasi,” jelas Sony Subrata.
Kerja sama antara MCorp dan PT AI Indonesia dinilai menjadi langkah strategis dalam memperkuat posisi Indonesia di era pemasaran modern yang kian mengandalkan teknologi kecerdasan artifisial. Kolaborasi ini diharapkan mampu membuka peluang baru bagi dunia pendidikan, industri, serta sektor korporasi yang ingin mengakselerasi transformasi digitalnya.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Editor: Amry Nur Hidayat
Tag Terkait:
Advertisement