Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2016, SMF Targetkan Pembiayaan Rp6,1 Triliun

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF menargetkan total pembiayaan/ aliran dana dari  pasar modal ke penyalur KPR di sektor pembiayaan perumahan, melalui sekuritisasi dan penyaluran pinjaman yang mencapai Rp6,1 triliun di tahun 2016. Angka ini naik dua kali lipat dari realisasi tahun lalu yang sebesar Rp3,71 triliun.

"Total aliran dana di 2016 ini ditargetkan mencapai Rp6,1 triliun, yang terdiri dari sekuritisasi sebesar Rp2 triliun, dan penyaluran pinjaman Rp4,1 triliun. Sementara untuk penerbitan surat utang diproyeksikan mencapai Rp2,2 triliun," ujar Direktur Utama SMF, Raharjo Adisusanto dalam Konferensi Pers Kinerja Tahun 2015 dan Rencana 2016 SMF yang digelar di Graha SMF, Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Sementara itu untuk total aset, Raharjo menargetkan aset SMF dapat merangkak naik 18 persen dan laba bersih meningkat sebesar 51 persen.

"Tahun ini kita targetkan total aset sebesar 12,09 triliun meningkat dibandingkan target tahun lalu yang sebesar Rp10,19 triliun. Penyaluran pinjaman 8,27 triliun (Rp7,06 triliun) dan total laba bersih Rp299 miliar (Rp198 miliar)," terangnya.

Untuk mencapai target tersebut, Raharjo menuturkan, SMF akan berupaya meningkatkan penyaluran pinjaman pada perbankan syariah dan bank daerah selain perbankan konvensional melalui pendanaan dari pasar modal.

"Selain itu, SMF juga berupaya meningkatkan edukasi kepada perbankan untuk melakukan sekuritisasi melalui instrument EBA-SP agar perbankan dapat mengurangi risiko kredit atas KPR akibat adanya risiko mismatch," tutupnya.

Melalui sekuritisasi, perbankan memperoleh likuiditasnya kembali sehingga dapat disalurkan lagi ke masyarakat dalam bentuk KPR. Selain itu, debitur yang tagihannya disekuritisasi mendapatkan pembiayaan jangka panjang dari pasar modal.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: