Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Presiden 2014 Diminta Serius Kelola Sumber Daya Hutan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Forum nasional hutan dan masyarakat berharap calon presiden (capres) terpilih memiliki komitmen terhadap pengelolaan sumber daya hutan bagi kesejahteraan masyarakat.

Sekretaris Eksekutif Forum Komunikasi Kehutanan Masyarakat (FKKM) Andri Sentosa mengatakan capres mendatang hendaknya dapat menjalankan dan mengoptimalkan beberapa instrumen penguasaan dan pengelolaan hutan negara seperti Pengelolaan Hutan Berbasis Masyarakat (PBHM), Hutan Kemasyarakatan (HKM), Hutan Desa (HD), dan Hutan Tanaman Rakyat (HTR).

"Pemerintahan baru, presiden baru, (dan) parlemen baru wajib memperhatikan sumber daya alam dalam hal ini hutan dan benar-benar (bagi) kesejahteraan masyarakat di 33.000 desa di dalam dan sekitar hutan," jelasnya.

Sementara itu, peneliti Epistema Institute Myrna Safitri mengatakan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) terpilih, presiden, dan kabinet yang akan datang perlu secara sungguh-sungguh mengalokasikan paling tidak 30% kawasan hutan negara untuk masyarakat. Kebijakan reforma agraria di bidang kehutanan perlu diperkuat dengan sejumlah anggaran yang harus dialokasikan.

Forum untuk masyarakat dan hutan yang pertama ini adalah upaya kolaboratif antara Kementerian Kehutanan, Perhutani, RECOFTC-The Center for People and Forests, Kemitraan, dan FKKM.

(Boyke P Siregar)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: