Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemendag: Harga Bahan Pokok Relatif Stabil

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementrian Perdagangan (Kemendag) menyatakan jelang kuartal II (April-Juni) 2014 harga kebutuhan bahan pokok, seperti beras, tepung terigu, daging sapi, daging ayam broiler, telur ayam ras, cabe rawit merah, dan bawang putih relatif stabil.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan beberapa komoditas yang mengalami penurunan harga antara lain gula pasir, minyak goreng, cabe merah keriting, dan cabe merah besar.

"Saat ini harga bahan kebutuhan pokok relatif stabil disebabkan pasokan relatif cukup karena bulan April dan Mei merupakan bulan panen beberapa komoditas," jelas Mendag dalam siaran pers yang diterima redaksi Warta Ekonomi di Jakarta, Kamis (17/4/2014).

Lutfi menghimbau masyarakat secara aktif dapat menginformasikan kepada pemerintah daerah (pemda) jika terjadi kekurangan barang kebutuhan pokok di daerahnya sehingga pemda dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan para pelaku usaha lain untuk segera memenuhi kekurangan tersebut.

"Pemerintah (pusat) dan pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dan melakukan langkah-langkah untuk menjaga kecukupan pasokan dan kelancaran distribusi," tegasnya.

Mantan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) itu menguraikan perkembangan harga rata-rata barang kebutuhan pokok di tingkat nasional. Jika harga pada 16 April 2014 dibandingkan dengan 8 April 2014 maka komoditas yang mengalami penurunan harga adalah beras (0,33%) menjadi Rp 8.846/kg, gula pasir (0,12%) menjadi Rp 11.266/kg, tepung terigu (0,75%) menjadi Rp 8.635/kg, telur ayam ras (1,07%) menjadi Rp 18.227/kg, cabe merah biasa (0,04%) menjadi Rp 25.155/kg, cabe rawit merah (8,22%) menjadi Rp 52.970/kg, dan bawang putih (1,38%) menjadi Rp 14.920/kg.

Adapun yang mengalami kenaikan harga secara signifikan adalah cabe merah keriting (2,56%) menjadi Rp 23.691/kg dan bawang merah (3,71%) menjadi Rp 21.223/kg. Sementara itu, harga minyak goreng curah, kedelai, daging sapi, dan daging ayam relatif stabil.

(Boyke P Siregar)

Foto: Sufri Yuliardi

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: