Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag dan Gubernur Jabar Sidak ke Pasar Kosambi

Warta Ekonomi -

WE Online, Bandung - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhamad Lutfy dan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan inspeksi harga kebutuhan pokok di Pasar Kosambi Kota Bandung, Kamis (10/7/2014).

Inspeksi dilakukan di kios penjualan bahan pokok seperti beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging ayam, daging sapi, serta bumbu-bumbuan. Dalam pantuaan itu, tim menemukan adanya kenaikan harga beberapa komoditas seperti daging ayam dan cabai merah. Sedangkan, harga daging sapi dan telur ayam cenderung stabil.

"Secara umum momen Ramadan ada pengaruhnya kepada harga kebutuhan pokok. Ada kenaikan harga, namun masih dalam batas normal," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Ia mencontohkan harga daging sapi relatif stabil di kisaran Rp 95.000 per kilogram, sedangkan daging ayam cenderung turun dari Rp 37.000 menjadi Rp 33.000 per kilogram.

Pada kesempatan itu, Mendag dan Gubernur Jabar juga meninjau pasokan beras dan gula pasir, termasuk juga menanyakan kemungkinan adanya gula rafinasi yang masuk ke pasar itu.

"Menurut para pedagang, pasokan lancar, sehingga diharapkan harga bisa lebih stabil. Bilapun ada kenaikan tidak terlalu signifikan karena pasokan tidak ada masalah," katanya.

Gubernur meminta para pedagang untuk bisa menjaga stabilitas harga menjelang Lebaran 2014. Selain itu, ia juga meminta warga Jabar untuk berbelanja kebutuhan Lebaran 2014 secara wajar dan tidak berlebihan sehingga berandil besar untuk menekan angka inflasi di Jabar pada Juli 2014.

"Kepada pedagang dan pemasok kebutuhan bahan pokok saya mengimbau agar mereka menjaga stabilitas harga dan para masyarakat untuk berbelanja yang wajar-wajar saja," kata Heryawan.

Selain itu, Gubernur menyebutkan pihaknya berupaya maksimal untuk ikut menekan harga kebutuhan pokok antara lain dengan menggelar pasar murah di sejumlah titik dan menyediakan subsidi senilai Rp 10 miliar untuk operasi pasar kebutuhan pokok masyarakat. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: