Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkeu: Kebijakan Fiskal dan Perkembangan Ekonomi Harus Bersinergi

Warta Ekonomi -

WE Online, Kendari - Bidang Analisa Moneter dan Lembaga Keuangan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Feri Irawan mengatakan antara kebijakan fiskal dan perkembangan ekonomi harus bersinergi.

"Pertumbuhan ekonomi yang didukung dengan kebijakan fiskal yang tepat diharapkan akan mendorong perubahan teknostruktur, transformasi struktural, dan share economy yang lebih baik," ujar Feri Irawan di Kendari, Senin (22/9/2014).

Ia menambahkan hal tersebut dapat meningkatkan efektivitas belanja yang memberikan output, outcome, dan multiplier effect yang nyata terhadap peningkatan kualitas pelayanan publik dan pembangunan ekonomi dan sosial. Sebab, arah kebijakan fiskal di RAPBN tahun 2015 masih akan melanjutkan reformasi pembangunan bagi percepatan pembangunan ekonomi yang berkeadilan.

"Tetapi, hal tersebut juga dipengaruhi oleh kondisi politik terhadap realitas sosial ekonomi di Indonesia, masalah transformasi vertikal, solusi terhadap sistem dan kelembagaan ekonomi yang inklusif, serta pemanfaatan jejaring supply chain global,"ujarnya.

Hal itu dapat diantisipasi dengan menerapkan kebijakan yang tepat oleh pemerintah pusat dan daerah sehingga tidak terjadi ketimpangan ekonomi. Menurutnya, wujud dari kebijakan fiskal harus sejalan dengan visinya, yakni alokasi sumber daya nasional yang efisien melalui hubungan keuangan pusat dan daerah yang transparan, akuntabel, dan berkeadilan.

Kebijakan fiskal dititikberatkan pada pembagian keuangan, pembagian sumber daya yang jelas, belanja yang berkualitas, dan alternatif pembiayaan yang efisien dan penuh kehati-hatian. Hal itu ditujukan untuk menciptakan penguatan terhadap pengawasan dan evaluasi dari pemerintah pusat dan daerah sehingga dapat menggambarkan perspektif ekonomi yang nyata bagi pemerintah dan masyarakat sebagai penerima layanan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: