Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Mendag Rachmat: Stok Beras Jelang Natal dan Tahun Baru Cukup

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Perdagangan Rachmat Gobel memastikan stok beras cukup di dalam menghadapi Natal 2014 dan Tahun Baru 2015. Kepastian ini disampaikannya setelah memonitor langsung stok beras di Gudang Divre Bulog DKI Jakarta-Banten, Senin (15/12/2014).

"Situasi stok beras di gudang-gudang Bulog cukup aman dan Kemendag juga telah berkoordinasi dengan Perum Bulog untuk meredam kenaikan harga beras dengan terus melakukan operasi pasar (OP)," kata Rachmat.

Lebih lanjut, ia mengatakan stok beras di Gudang Perum Bulog saat ini mencapai 1,7 juta ton yang cukup untuk sekitar tujuh bulan ke depan.

Mengenai kesiapan menghadapi Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, Mendag menambahkan pola perkembangan harga menjelang Natal dan Tahun Baru umumnya berbeda dengan menjelang Puasa dan Idul Fitri.

"Biasanya kenaikan harga tidak signifikan pada periode Natal dan Tahun Baru karena permintaan masyarakat terhadap barang kebutuhan pokok tidak terlalu tinggi atau hanya terjadi di daerah yang mayoritas merayakan Natal. Kalaupun terjadi kenaikan harga pada periode Desember-Januari biasanya terjadi karena kondisi minimnya pasokan ke pasar sebagai dampak dari panen yang mulai berkurang di sentra-sentra produksi seperti komoditas hortikultura," paparnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: