Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Rano: KEK Tanjung Lesung Akan Buka Peluang 200 Ribu Tenaga Kerja

Warta Ekonomi -

WE Online, Pandeglang - Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung di Pandeglang, Banten, selain akan membangkitkan perekonomian warga sekitar juga membuka peluang kerja bagi masyarakat, kata Pelaksana tugas Gubernur Banten Rano Karno.

"Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Lesung pasti akan meningkatkan perekonomian masyarakat juga membuka peluang sekitar 200 ribu tenaga kerja," kata Rano Karno saat pembukaan KEK Tanjung Lesung oleh Presiden Joko Widodo di Tanjung Lesung Pandeglang, Senin (23/2/2015).

Rano meminta peluang tenaga kerja di KEK Tanjung Lesung tersebut diberikan bagi tenaga kerja lokal minimal 70 persen. Sehingga masyarakat yang ada di sekitar kawasan tersebut dapat merasakan dampak dari keberadaan KEK Tanjung Lesung.

Ia mengatakan KEK Tanjung Lesung yang ada di Desa Tanjung Jaya, Kabupaten Pandeglang dengan garis pantai sepanjang 13 KM akan menjadi destinasi wisata yang terintegrasi dan menjadi salah satu dari 536 objek wisata di Banten. "Selama ini sekitar 250 ribu wisatawan per tahun yang berlokasi ke Tanjung Lesung," katanya.

Selain itu, KRK Tanjung Lesung merupaka salah salah satu KEK Pariwisata pertama di Indonesia yang sudah ditetapkan sejak Tahun 2012. Rano juga berharap KEK pariwisata akan mendorong terhadap pengembangan ekonomi lokal. Sehingga memberikan dampak perekonomian bagi masyarakat dan daerah secara signifikan.

Untuk mendukung KEK Tanjung Lesung tersebut, kata Rano, ada dua proyek yang akan dikembangkan yakni Bandara Banten Selatan dan jalan tol. Kesiapan infrastruktur lainnya untuk pendukung KEK yakni listrik, internet serta infrastruktur lain "KEK ini bagi kepentingan nasional untuk pemerataan pembangunan ekonmi nasional dan bagi Banten supaya tidak ada ketimpangan pembangunan daerah." Kata Rano.

Presiden Joko Widodo membuka secara resmi operasional KEK Pariwisata Tanjung Lesung di Kabupaten Pandeglang, kawasan tersebut seluas 1500 hektar menjadi kawasan ekonomi khusus pariwisata berkelas dunia berbasis maritim.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Joko Widodo meminta para investor untuk tidak ragu-ragu menanamkan modal di Tanjung Lesung karena infrastruktur pendukung lainnya akan segera dibangun pemerintan salah satunya jalan tol dari Serang ke Panimbang sepanjang 80 KM dan ditarhetkan selesai dalam waktu tiga tahun. "Pemerintah siap membangun jalan tol ke sini dalam waktu tiga tahun. Tapi saya juga minta nanti di sini harus siap. Jangan sampai nanti jalan tol jadi tapi di sini tidak ada apa-apa," kata Presiden Joko Widodo. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: