Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Telkom-PATA Sinergi Dukung Kemajuan Pariwisata Indonesia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Indonesia merupakan negeri yang kaya akan potensi pariwisata dan budaya yang penting untuk dilestarikan dan dipublikasi ke dunia luar. Hal ini disadari betul oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Sebagai satu-satunya BUMN telekomunikasi, Telkom ingin memajukan sektor pariwisata Indonesia melalui pemanfaatan infrastruktur Information & Communication Technology (ICT) dan pengembangan pariwisata yang terintegrasi.

Untuk itu, salah satu wujud komitmen Telkom untuk hal tersebut adalah melalui penandatanganan kerjasama pemanfaatan potensi bersama di bidang kepariwisataan antara Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin dengan CEO Pacific Asia Travel Association (PATA) Indonesia Chapter Poernomo Siswoprasetjo di Jakarta Rabu (4/3/2015).

Dalam acara yang sama, sekaligus dilakukan penandatanganan antara Pointers selaku anak usaha Telkom dengan Indowisata. Acara ini turut dihadiri oleh perwakilan dari Kementerian Pariwisata, Garuda Indonesia, Jababeka dan Pelni selaku partner dari PATA Indonesia Chapter.

PATA Indonesia Chapter merupakan asosiasi regional yang berperan sebagai katalis bagi pengembangan industri pariwisata Asia Pasifik yang beranggotakan pihak swasta dan pemerintah. PATA mendorong pertumbuhan pariwisata yang bernilai, berkualitas dan berkelanjutan di Asia Pasifik. Telkom dan PATA akan melakukan sinergi pengembangan pariwisata dengan mengoptimalisasikan infrastruktur Information & Communication Technology (ICT).

Salah satu cara PATA Indonesia Chapter untuk meningkatkan pemasaran dan promosi pariwisata yang terintegrasi melalui penerapan sistem manajemen destinasi online. Untuk itu, Telkom sebagai perusahaan dengan layanan TIMES (Telecommunication, Information, Media, Edutainment & Services) siap dan memiliki kompetensi untuk mendukung PATA Indonesia Chapter memberikan solusi ekosistem pariwisata yang terintegrasi seperti yang sudah direalisasikan untuk web commerce dan e-ticketing. Ini menjadi salah satu bentuk dukungan Telkom untuk mendukung program pemerintah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 nanti,� ujar Muhammad Awaluddin saat melakukan penandatanganan kerjasama.

Melalui penandatangan kerjasama ini, Telkom dan PATA Indonesia Chapter sepakat untuk melakukan pengembangan pariwisata dengan pemanfaatan infratsruktur ICT. Selain itu, kedua pihak saling memanfaatkan pembinaan yang dapat memajukan pariwisata Indonesia, meliputi pembinaan sumber daya, optimalisasi promosi pariwisata destinasi pariwisata di wilayah Indonesia yang disediakan PATA Indonesia Chapter.

Awaluddin menambahkan, sebagai bentuk keseriusan Telkom dan PATA mendukung sektor pariwisata, saat ini kedua pihak tersebut sedang mengembangkan sebuah platform digital tourism hub yang nantinya akan mengintegrasikan seluruh ekosistem stakeholder kepariwisataan Indonesia melalui pemanfaatan infrastruktur ICT. Ekosistem tersebut telah mencakup objek wisata, hotel, travel agent, airlines dan lainnya.

Sebelumnya, Telkom juga telah melakukan melakukan penandatanganan kerjasama dengan PATA Indonesia Chapter pada 18 Agustus 2014 lalu terkait pengelolaan e-ticketing dan web commerce di Keraton Kasepuhan Cirebon dan Taman Air Sunyaragi. Kerjasama ini direalisasikan melalui launching layanan tersebut pada tanggal 3 Maret 2015.
Telkom Indonesia untuk Pariwisata Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: