Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

YLKI: Pengaduan Kartu Kredit Paling Banyak dari 10 Bank Besar

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mencatat, perbankan menduduki peringkat pertama ketimbang lembaga keuangan lainnya dalam pengaduan konsumen yang diterima oleh YLKI. Menurut data YLKI, konsumen dari 10 bank besar Nasional baik swasta maupun BUMN paling banyak mengadu terkait kartu kredit.

"Ada 10 bank yang sering diadukan ke YLKI. Kebanyakan itu soal kartu kredit," kata Direktur YLKI, Sudaryatmo, di Jakarta, Rabu (6/5/2015).

Menurutnya, dari 1192 pengaduan yang masuk ke YLKI, ada sebanyak 210 pengaduan yang terkait dengan perbankan. "Kebanyakan di bank itu yang banyak melapor terkait dengan kartu kredit, biasanya tingkat konsumsi masyarakat lebih tinggi. Tingkat pengaduan kartu kredit ke YLKI ada 210 atau mengalami peningkatan hingga 50% di 2014," ucapnya.

Sementara di urutan ke dua, pengaduan mengenai pinjaman perbankan juga mengalami peningkatan hingga 15,7% di 2014, atau sebanyak 33 aduan terkait pinjaman bank "Selain itu, tabungan perbankan juga mengalami pengaduan dari konsumen yaitu hanya berjumlah 10 atau meningkat 4,8%," tukas Sudaryatmo.

Melihat kondisi tersebut, dia mengusulkan agar dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) perbankan dapat memasukan prinsip-prinsip yang jelas terkait dengan perlindungan nasabah.

Pasalnya, hingga kini masih ada bank yang belum melindungi nasabahnya secara maksimal mulai dari persoalan kartu kredit hingga tabungan "Kita harus mendorong akomodasi prinsip-prinsip perlindungan nasabah dalam RUU Perbankan ini," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Achmad Fauzi

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: