Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Legislator Harap KEK Bisa Serap Tenaga Kerja dan Tingkatkan Perekonomian

Warta Ekonomi -

WE Online, Palembang - Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan berharap antara DPRD dengan Pemerintah Provinsi setempat terjalin komunikasi dalam perkembangan kawasan ekonomi khusus di wilayah tersebut.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Sumatera Selatan, Budiarto Marsul di Palembang, Senin (11/5/2015) menyampaikan hal itu terkait kunjungan komisi tersebut ke Kementerian Perindustrian dan Perdagangan beberapa waktu lalu.

Menurut dia, pihaknya meminta Pemprov dan DPRD Sumsel supaya terus terjalin komunikasi dalam perkembangan kawasan ekonomi khusus (KEK), karena ini adalah peluang sangat besar bagi Sumatera Selatan. "Kalau memang ini dikembangkan sebaik-baiknya maka bisa menyerap tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian," katanya.

Ia mengatakan, beberapa waktu lalu mereka menanyakan peran pemerintah pusat dalam pembangunan KEK khususnya Kementerian Perindustrian dan Perdagangan, mereka menyampaikan akan membantu perkembangan kawasan pelabuhan laut Tanjung Api-Api tersebut.

Yang terpenting pemerintah betul-betul menyiapkan lahan secara baik kalau perlu secepatnya KEK itu dikuasai pemerintah, sebab kalau tidak harga tanah semakin mahal setiap tahun. Kementerian Perindustrian dan Perdagangan menyarankan supaya secepatnya tanah-tanah di KEK diselesaikan pembebasannya, ujarnya.

Ia menyatakan, nanti yang namanya KEK itu diharapkan menjadi kawasan bisnis misalnya bisnis pusat hilirisasi produk-produk unggulan Sumsel seperti sawit, karet dan kopi. Kemudian pusat pengolahan produk-produk hasil tambang batu bara, minyak dan gas, inilah yang akan memacu perekonomian Sumsel nanti.

"Karena itu kita mengharapkan antara Pemprov dan DPRD terus ada komunikasi dalam perkembangan KEK tersebut," katanya. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: