Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Perkembangan Pasar Baik, KKP Terus Perkuat SDM Pelaku Usaha Ikan Hias

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memperkuat sumber daya manusia (SDM) pelaku usaha ikan hias seiring dengan perkembangan pasar ikan hias baik nasional maupun internasional.

"KKP terus berupaya dalam peningkatan kapasitas SDM kelautan dan perikanan, termasuk pelaku usaha di bidang ikan hias," kata Kepala Badan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) KKP Suseno Sukoyono di Jakarta, Kamis (14/5/2015).

Ikan hias juga merupakan salah satu komoditas ekspor unggulan sektor kelautan dan perikanan Indonesia. Menurut dia, pasar ikan hias di berkembang pesat salah satunya karena semakin diminati masyarakat dan menjadi bagian dari hiburan serta kegemaran atau hobi.

KKP melalui BPSDM juga terus berupaya dalam peningkatan kapasitas SDM pelaku usaha di bidang ikan hias dalam mendukung tiga pilar KKP yang terdiri atas kesejahteraan, keberlanjutan dan kedaulatan. "Pengembangan SDM ini dirasa sangat penting karena mengelola kelautan dan perikanan pada hakekatnya adalah mengelola SDM-nya," kata Suseno Sukoyono.

Upaya BPSDM KKP salah satunya adalah melalui kegiatan pelatihan kepada pelaku usaha ikan hias baik secara teknis maupun kewirausahaan, sebagaimana telah diselenggarakan 44 pelatihan ikan hias yang diikuti oleh 530 peserta pada tahun 2014.

Selain pelatihan, BPSDM juga melakukan kegiatan pendidikan dan penyuluhan agar usaha ikan hias juga dapat menjadi pilihan hidup lulusan satuan pendidikan KKP serta penyuluh bisa hadir mendampingi masyarakat pelaku utama usaha ikan hias di lapangan.

Sementara dalam bidang pendidikan, KKP juga telah menjadikan topik bahasan ikan hias sebagai salah satu materi pada mata pelajaran dan mata kuliah pada satuan pendidikan KKP. "Upaya lainnya adalah mengembangkan sarana prasarana pembesaran dan pembenihan ikan hias pada setiap satuan pendidikan serta melakukan eksplorasi ikan pelangi dan ikan hias lainnya," ucapnya.

Berdasarkan data Pusat Penyuluhan Kelautan dan Perikanan, saat ini terdapat sebanyak 1.228 penyuluh ikan hias di berbagai daerah di Tanah Air. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: