Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

'Outlook Rating' Indonesia Meningkat Jadi Positif

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Lembaga pemeringkat internasional Standard and Poor’s (S&P) hari ini, 21 Mei 2015, merevisi outlook rating Indonesia dari stable menjadi positive outlook dan sekaligus mengafirmasi rating pada BB+.

Perbaikan outlook ini mencerminkan kemungkinan Indonesia akan memperoleh peningkatan rating lagi dalam 12 bulan ke depan.

Dalam siaran persnya, Sovereign Analyst Utama S&P untuk Indonesia Kyran A Curry mengatakan faktor utama yang mendukung perubahan outlook adalah perbaikan kerangka (framework) kebijakan yang telah berhasil dalam meningkatkan kredibilitas kebijakan moneter dan sistem keuangan.

Kebijakan yang lebih efektif dan terarah telah memperkuat sektor fiskal dan cadangan devisa serta memperbaiki ketahanan eksternal perekonomian Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo menyatakan perbaikan outlook S&P tersebut sesuai dengan prediksi, namun target berikutnya adalah peningkatan rating hingga memperoleh predikat investment grade dari S&P.

"Saat ini S&P adalah satu-satunya lembaga pemeringkat yang belum menempatkan Indonesia pada posisi investment grade," kata Agus di Jakarta, Kamis (21/5/2015).

Lebih jauh, dia menambahkan outlook rating dari S&P tersebut merupakan pengakuan atas ketahanan perekonomian Indonesia sebagai hasil koordinasi kebijakan yang telah ditempuh oleh otoritas perekonomian, meskipun terdapat tekanan baik domestik maupun global.

"Rating action S&P ini juga memperlihatkan peningkatan optimisme dunia internasional atas prospek kinerja ekonomi Indonesia," ucapnya.

Secara lebih rinci, S&P menyatakan terdapat kemungkinan peningkatan rating Indonesia dalam 12 bulan ke depan apabila target peningkatan kualitas pengeluaran pemerintah dapat dicapai, termasuk konsistensi penerapan kebijakan harga BBM sesuai harga pasar dan pengalokasian anggaran investasi pemerintah secara efisien.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: