Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

ITPC Lagos Gencar Promosi Dagang Lewat Budaya

Warta Ekonomi -

WE Online, Lagos - Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Lagos makin gencar mempromosikan produk komoditas dan kuliner Indonesia. Salah satu caranya melalui budaya. Dari pengenalan budaya, ITPC Lagos berharap masyarakat Nigeria menggunakan produk-produk unggulan Indonesia.

Baru-baru ini, ITPC Lagos bersama KBRI dan Indonesian Community on Nigeria (ICON) menyelenggarakan ajang promosi bertajuk Indonesian Bazaar 2015. Acara ini juga diisi permainan gamelan tradisional dan tarian Bali. Grup vokal lagu-lagu daerah juga ditampilkan di acara ini.

"Kami berharap masyarakat Nigeria mencintai budaya bangsa Indonesia. Melalui budaya, kami yakin masyarakat akan menggunakan produk-produk kita setelah mencintai budaya kita," jelas Kepala ITPC Lagos Nino Wawan Setiawan.

Nino menuturkan bahwa promosi dagang di Nigeria harus dilakukan dengan kreatif. Berbagai terobosan dagang tidak bisa hanya dilakukan dari aspek bisnis. Perlu ada cara lain untuk mengenalkan produk Indonesia dan mendekatkan produk-produk Indonesia kepada para pejabat, pengusaha dan masyarakat Nigeria. Untuk itu, Nino yakin pendekatan budaya akan menjadi faktor penting dalam meningkatkan ekspor nonmigas ke Nigeria.

"Indonesian Bazaar diharapkan bisa mendongkrak ekspor Indonesia ke Nigeria guna memenuhi target ekspor Indonesia sebesar 300% dalam lima tahun ke depan. Selain itu, kegiatan ini berupaya menghapus citra buruk Nigeria di mata pengusaha Indonesia," ungkap Nino.

Hal senada diungkapkan oleh Duta Besar RI untuk Nigeria Harry Purwanto dalam pidato pembukaan Indonesian Bazaar 2015. "KBRI akan terus memfasilitasi promosi dan misi dagang untuk meningkatkan kerja sama perdagangan Indonesia-Nigeria. Pendekatan budaya merupakan salah satu cara efektif untuk mempererat kerja sama ini," tutur Harry.

Indonesian Bazaar 2015 merupakan bazar terbesar selama penyelenggaraannya di Nigeria dan kali keempat yang diikuti oleh ITPC Lagos. Sebanyak 25 exhibitor yang berpartisipasi dalam bazar yang menampilkan produk batik, kain, kerajinan, serta makanan dan minuman tradisional Indonesia.

Beberapa perusahaan Indonesia di Nigeria pun turut berpartisipasi sebagai sponsor, seperti Wings Group, Indofood, Kalbe International, dan PT Mayora. Tahun ini, ITPC Lagos berpartisipasi dengan menampilkan beberapa produk Indonesia seperti kain busana muslim, batik, dan kerajinan dalam stan seluas 45 m2.

Indonesian Bazaar 2015 dihadiri oleh Duta Besar beserta seluruh staf dan keluarga besar dari KBRI Abuja. Selain itu, sebanyak 800 pengunjung yang datang terdiri atas para ekspatriat, perwakilan dari negara-negara asing setempat, WNI di Nigeria, serta para pengusaha Nigeria.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: