Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BRI Perluas Kerja Sama Bisnis Perbankan di Malaysia

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. kembali menjalin kerjasama dengan beberapa business partner perbankan di wilayah Malaysia melalui peningkatan sinergi bisnis antara Bank BRI dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad dalam melakukan eskpansi di berbagai bidang layanan perbankan.

Malaysia merupakan negara dengan nilai strategis dalam bidang ekonomi, terutama mengingat bahwa Malaysia merupakan negara kerja utama  TKI yang menjadi sumber devisa bagi Indonsia. Sepanjang periode Januari-Desember 2014 sebanyak 127.827 orang dari total penempatan 429.872 orang TKI ditempatkan di Malaysia atau menempati porsi terbesar dari seluruh Negara tujuan kerja TKI yaitu 29,73% (sumber data BNP2TKI).

"Di sisi lain Malaysia merupakan Negara dengan sumber transaksi remittance terbesar ke dalam negeri dengan jumlah nilai transaksi remittance nasional tahun 2014 sebesar USD  2,54 Milyar atau setara dengan Rp 32,98 Trilyun atau menempati porsi  30,43 % dari total nilai remittance seluruh negara tujuan kerja utama TKI sebesar USD 8,34 Milyar atau Rp 103,31 Trilyun sebagaimana data dari Bank Indonesia," kata Budi Satria, Corporate Secretary Bank BRI.

Sehubungan hal tersebut pada 1 Juni 2015 bertempat di Gedung Kantor Pusat Bank Rakyat Indonesia dilakukan corporate gathering antara Bank BRI dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) yang juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Konsumer Malaysia (Minister of Domestic Trade, Cooperative and Consumerism). Adapun tujuan corporate gathering Bank BRI dengan  Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad dan Minister of Domestic Trade, Cooperative and Consumerism secara umum yaitu :

1. Meningkatkan hubungan perdagangan antara pelaku bisnis  di Malaysia dengan aktifitas bisnis di Indonesia, terutama di bidang pelayanan perbankan

2. Mengupayakan dan memfasilitasi kemudahan dalam pengembangan dunia usaha bilateral Malaysia dan Indonesia dalam bentuk penyederhanaan birokrasi, kemudahan akses pengembangan usaha dan sebagainya

3. Menjembatani timbulnya komunikasi antara pelaku usaha dan bisnis di wilayah Malaysia dengan Indonesia untuk kemungkinan pengembangan usaha lebih lanjut yang menguntungkan kedua belah pihak

Bank BRI dengan jumlah jaringan kerja sebesar 10.396 kantor pelayanan perbankan dan 152.443 jaringan kerja E-Chanel memiliki competitive advantage di bidang pelayanan remittance bagi keluarga TKI di tanah air, terutama bagi TKI yang berada di Malaysia. Saat ini Bank BRI memiliki 47 (empat puluh tujuh) business partner dalam bentuk bank, remittance company maupun money transfer operator di berbagai koridor negara tujuan kerja utama TKI di luar negeri. Hingga akhir tahun 2014 total nilai remittance TKI yang dikirim melalui jaringan kerja BRI sebanyak 3,5 juta transaksi dengan nilai remittance sebesar Rp 13,65 Trilyun yang disalurkan TKI kepada keluarganya di seluruh penjuru tanah air.

"Bank BRI telah menempatkan Remittance Representative di Negara Malaysia dan Dubai untuk Representative BRI terhadap koresponden, pelayanan langsung ke Nasabah BRI yang di Luar negeri, dan meningkatkan business patner. Rencana akan akan penambahan penempatan Remittance Representative di Negara Taiwan, Malaysia Timur, Arab Saudi dan Korea. Khusus di wilayah Malaysia business partner Bank BRI hingga saat ini sejumlah  12 (dua belas)  institusi berupa bank, remittance company, maupun money transfer operator dengan jumlah transaksi remittance TKI di Negara tersebut ke tanah air sebanyak 2,3 juta transaksi dengan nilai Rp 7,7 Trilyun," tambah Budi.

Kerjasama bidang layanan perbankan yang akan dikembangkan antara Bank BRI dengan institusi perbankan Malaysia yang dibahas dalam Corporate Gathering bersama dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad (Bank Rakyat) yang juga dihadiri oleh Menteri Perdagangan Dalam Negeri, Koperasi dan Konsumer Malaysia (Minister of Domestic Trade, Cooperative and Consumerism) meliputi penjajakan kerjasama di beberapa bidang sebagai berikut :

1. Business partnership antara Bank BRI dengan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad untuk pelayanan transaksi remittance TKI kepada keluarganya di tanah air dengan memanfaatkan 145 jaringan kantor cabang Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad di Malaysia

2. Pengembangan fungsi pelayanan pembiayaan inklusif kepada TKI dalam bentuk pembukaan rekening tabungan TKI pada saat pra keberangkatan, pemberian pembiayaan kepada Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) yang akan berangkat ke LN serta pengiriman uang gaji TKI kepada keluarganya di tanah air melalui pelayanan remittance dengan memanfaatkan jaringan kerja Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad.

Pemanfaatan produk perbankan Bank Kerjasama Rakyat Malaysia Berhad dan Bank BRI secara bersama-sama untuk bidang pelayanan produk berkartu, pemanfaatan sarana e-banking serta pemanfaatan jaringan kerja kedua belah pihak secara optimal untuk menunjang dan meningkatkan kemampuan pelayanan kepada publik.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Achmad Fauzi
Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: