Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Genjot Pelayanan, Telkom Manfaatkan Teknologi Fiber Optik

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta-  PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memanfaatkan teknologi fiber optik yang dimilikinya untuk menggenjot layanan digital. Fiber optik dipercaya mempunyai keunggulan dibandingkan dengan kabel tembaga yang biasa digunakan untuk sambungan telepon dan internet. Fiber optik memungkinkan kecepatan akses internet sampai dengan 100 Mbps, jauh lebih tinggi dari kabel tembaga yang hanya sampai 5 Mbps. Jaringan fiber optik menghasilkan koneksi yang lebih stabil dan tidak terganggu oleh gelombang elektromagnetik serta lebih aman dari serangan petir. 

"Jumlah objek yang dapat berkomunikasi satu sama lain terus meningkat (komunikasi manusia dengan manusia, manusia dengan mesin, mesin dan mesin). Sehingga dibutuhkan kapasitas bandwith koneksi internet yang semakin besar. Telkom terus memperluas jaringan serat optik ke seluruh wilayah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan Indihome Fiber," kata VP Marketing & Sales Telkom Jemy V Confido, di Jakarta, Sabtu.

Indihome, lanjut Jemi merupakan solusi layanan digital home berupa internet kecepatan tinggi, TV interaktif dan gratis panggilan lokal dan interlokal dari telepon rumah selama 1.000 menit per bulan, semuanya dalam satu paket dengan harga yang sangat kompetitif. Ketiga layanan dalam satu paket yang sering disebut dengan "tripleplay" ini telah tersedia di 160 kota di seluruh Indonesia, terdiri dari 60 kota besar dan 100 kota lainnya.

"Ini menjadikan Indihome tripleplay dengan wilayah layanan paling luas di Indonesia, menuju hadirnya era baru internet serat optik di Indonesia," tegas Jemy.

Berbekal jaringan serat optik, memungkinkan Indihome untuk memberikan layanan tambahan selain layanan triple play sesuai yang dibutuhkan pelanggan, seperti layanan digital music, dimana pelanggan Indihome bebas streaming musik selama 12 bulan dan mendapatkan gratis perlindungan antivirus Trend Micro selama 3 bulan.

"Untuk streaming musik disediakan oleh Melon yang mempunyai lebih dari 10 juta judul lagu," papar Jemy.

Tersedia juga layanan Telepon Mania, yaitu panggilan dari telepon rumah ke semua nomor Telkomsel, sepuasnya, hanya dengan Rp88.000 per bulan, dan fitur akses internet WiFi Unlimited di seluruh jaringan wifi.id yang tersebar di seluruh Indonesia hanya Rp10.000 per bulan. Selanjutnya, layanan panggilan langsung internasional atau global call, paket layanan yang disediakan dalam 5 jenis agar pelanggan bisa memilih sesuai dengan negara tujuan favoritnya masing-masing. Sebagai contoh paket Global 1, dengan negara tujuan USA, Kanada, Tiongkok, Hongkong, Korea Selatan, cukup dengan Rp50.000 bisa melakukan panggilan selama 100 menit dalam kurun waktu satu bulan. (Ant)

emakin beragamnya komunikasi dalam jaringan internet yang dapat memadukan suara, gambar dan data dalam volume yang besar, mendorong PT Telekomunikasi Indonesia Tbk memanfaatkan teknologi fiber optik yang dimilikinya untuk menggenjot layanan digital.

"Jumlah objek yang dapat berkomunikasi satu sama lain terus meningkat (komunikasi manusia dengan manusia, manusia dengan mesin, mesin dan mesin). Sehingga dibutuhkan kapasitas bandwith koneksi internet yang semakin besar," kata VP Marketing & Sales Telkom Jemy V Confido, di Jakarta, Sabtu.

Menurut Jemy, banyak keunggulan fiber optik dibandingkan dengan kabel tembaga yang dulu biasa digunakan untuk sambungan telepon dan internet. Fiber optik memungkinkan kecepatan akses internet sampai dengan 100 Mbps, jauh lebih tinggi dari kabel tembaga yang hanya sampai 5 Mbps.

Jaringan fiber optik menghasilkan koneksi yang lebih stabil dan tidak terganggu oleh gelombang elektromagnetik serta lebih aman dari serangan petir.

Untuk itu, ujar Jemy, Telkom terus memperluas jaringan serat optik ke seluruh wilayah di Indonesia untuk meningkatkan kualitas layanan Indihome Fiber.

Indihome adalah solusi layanan digital home berupa internet kecepatan tinggi, TV interaktif dan gratis panggilan lokal dan interlokal dari telepon rumah selama 1.000 menit per bulan, semuanya dalam satu paket dengan harga yang sangat kompetitif.

Ketiga layanan dalam satu paket yang sering disebut dengan "tripleplay" ini telah tersedia di 160 kota di seluruh Indonesia, terdiri dari 60 kota besar dan 100 kota lainnya.

"Ini menjadikan Indihome tripleplay dengan wilayah layanan paling luas di Indonesia, menuju hadirnya era baru internet serat optik di Indonesia," tegas Jemy.

Berbekal jaringan serat optik, memungkinkan Indihome untuk memberikan layanan tambahan selain layanan triple play sesuai yang dibutuhkan pelanggan, seperti layanan digital music, dimana pelanggan Indihome bebas streaming musik selama 12 bulan dan mendapatkan gratis perlindungan antivirus Trend Micro selama 3 bulan.? "Untuk streaming musik disediakan oleh Melon yang mempunyai lebih dari 10 juta judul lagu," papar Jemy.

Tersedia juga layanan Telepon Mania, yaitu panggilan dari telepon rumah ke semua nomor Telkomsel, sepuasnya, hanya dengan Rp88.000 per bulan, dan fitur akses internet WiFi Unlimited di seluruh jaringan wifi.id yang tersebar di seluruh Indonesia hanya Rp10.000 per bulan.

Selanjutnya, layanan panggilan langsung internasional atau global call, paket layanan yang disediakan dalam 5 jenis agar pelanggan bisa memilih sesuai dengan negara tujuan favoritnya masing-masing.

Sebagai contoh paket Global 1, dengan negara tujuan USA, Kanada, Tiongkok, Hongkong, Korea Selatan, cukup dengan Rp50.000 bisa melakukan panggilan selama 100 menit dalam kurun waktu satu bulan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: