Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Dishub: Amdal Jalur KA Trans-Sumatera Masih Dikaji

Warta Ekonomi -

WE Online, Jambi - Dinas Perhubungan Provinsi Jambi menyatakan bahwa Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) jalur kereta api trans-Sumatera yang melewati Jambi masih dikaji oleh Kementerian Perhubungan.

"Penyusunan studi 'Detail Engineering Design' (DED) jalur kereta api trans-Sumatera yang melewati Jambi masih dikaji, dan proyek itu didanai APBN," kata Kasi Perencanaan dan Teknik Dishub Provinsi Jambi Candra di Jambi, Minggu (7/2/2016).

Sebelumnya Kemenhub telah melakukan studi kelayakan dan penyusunan penentuan jalur kereta api trans-Sumatera (trase), yakni jalur Palembang-Betung-Jambi kemudian lintas Jambi-Rengat-Pekanbaru.

"Untuk jalurnya di Provinsi Jambi mengikuti jalan lintas Sumatera (Jalinsum) bagian timur yang akan melewati Kota Jambi, Kabupaten Muarojambi, dan Tanjung Jabung Barat," kata Candra.

Pemprov Jambi diberi kewenangan untuk mengkomunikasikan kepada masyarakat dalam upaya pembebasan lahan.

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat untuk bisa bekerja sama terkait dengan pembebasan lahan untuk jalur kerapi api trans-Sumatera tersebut.

"Hal itu penting karena jalur kereta api trans-Sumatera itu nantinya ada efek dominonya, seperti untuk kelancaran distribusi barang dan jasa," kata Candra.

Jalur trans-Sumatera tersebut direncanakan untuk kereta api angkutan barang dan penumpang. Pembangunannya dimulai dari batas Jambi-Sumsel hingga batas Jambi-Riau dengan panjang sekitar 200 kilometer.

"Direncanakan di Kota Jambi akan dibangun stasiunnya juga, tapi untuk lokasinya belum ditentukan," katanya. (Ant)

 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Vicky Fadil

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: