Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Volkswagen Tawarkan Kompensasi untuk Pemilik Kendaraan Diesel AS

Oleh: ,

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Volkswagen bermurah hati menawarkan paket kompensasi kepada sekitar 600.000 pemilik kendaraan diesel di Amerika Serikat (AS) yang kadar emisinya melebihi batas ketentuan, kata kepala dana klaim VW sebagaimana dikutip dari laman Channel NewsAsia di Jakarta, Rabu (10/2/2016).

Produsen mobil Jerman tersebut masih belum memutuskan opsi kompensasi terhadap pemilik kendaraan, yaitu dengan memberikan uang tunai, program buyback, perbaikan, atau memberi mobil pengganti, kata Kenneth Feinberg.

Pada hari Jumat kemarin, Volkswagen menunda publikasi laporan keuangan tahun 2015 dan menunda rapat umum pemegang saham tahunan sebagai akibat dari buntut masalah skandal emisi.

Lebih dari empat bulan setelah skandal itu terkuak di Amerika Serikat, produsen mobil terkemuka Eropa tersebut masih belum memenangkan persetujuan untuk memperbaiki salah satu dari kendaraan tersebut. Pekan lalu, kepala baru departemen hukum AS bersedia membantu menyelesaikan kasus ini.

Feinberg mengatakan dia tidak mungkin berhasil menyiapkan dana klaim dalam waktu 60 sampai 90 hari selama VW dan pihak berwenang belum mencapai kesepakatan. Ketidakpastian tentang dampak keuangan dari skandal tersebut telah meningkat sejak awal tahun ini sehingga membuat saham perseroan merosot 26 persen.

Meski terbelit skandal emisi, Norwegia akan tetap berinvestasi di Volkswagen di mana lembaga pendanaannya memegang 1,2 persen dari saham VW.

"VW adalah perusahaan penting bagi Jerman, Eropa, dan dunia. Itu sebabnya kami akan terus menahan saham kami selama dana dan perusahaan masih ada," kata CEO Norges Bank Investment Management Yngve Slyngstad.

Perusahaan ini menyisihkan €6,7 miliar (US$ 7,5 miliar) pada kuartal ketiga 2015 untuk menutupi biaya perbaikan untuk kendaraan di seluruh dunia dan mungkin akan perlu menambahkan sekitar 2-3 miliar euro lagi.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: