Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Ini Cara Telkom Kembangkan Pelaku UKM

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Untuk memperkuat layanan Sobat UKM Contact Center 1500249, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) menggandeng 15 ahli untukĀ  menjadi mentor dan coach bagi pelaku usaha kecil menengah (UKM) yang memanfaatkan layanan Sobat UKM. Para ahli tersebut berasal dari beragam industri dan telah berhasil dalam perjalanan bisnisnya.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin mengatakan Sobat UKM atau Solusi Bisnis Sahabat Usaha Kecil Menengah yang diluncurkan Telkom sejak Januari 2016 lalu telah berhasil memikat banyak pelaku UKM. Terbukti, imbuhnya, dari trafik yang menghubungi Contact Center 1500249 maupun yang berinteraksi langsung melalui akun @sobat_ukm (twitter dan FB) jumlahnya semakin meningkat.

"Kami menyadari bahwa untuk meningkatkan kompetensi pelaku UKM, sebaiknya dari para pelaku UKM sendiri yang telah sukses dalam menjalankan bisnisnya. Untuk tahap pertama ini, Telkom menggandeng 15 orang expert dari berbagai bidang industri. Kesemuanya sudah mumpuni untuk memberikan konsultasi, mentoring, dan coaching kepada para pelaku UKM," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/2/2016)

Ia mengatakan layanan SOBAT UKM ini menyediakan multichannel, mulai dari akses nomor khusus 1500249, via website www.sobat-ukm.com yang menyediakan berbagai alternatif chat (webinar, live chat, video call), hingga konsultasi offline.

"Untuk menjamin layanan tersebut, Telkom menyediakan dedicated agent dan expert yang akan menjawab setiap solusi UKM baik terkait kebutuhan ICT maupun solusi bisnis untuk UKM pada jam kerja (08.00-17.00 WIB)," ujarnya.

Terkait layanan SOBAT UKM, Awaluddin menambahkan SOBAT UKM dilengkapi juga dengan digital interactive terkait tips berbisnis, solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Melalui web www.sobat-ukm.com, terangnya, para pelaku UKM dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM.

"Yang mengisi konten selain terkait teknologi informasi & komunikasi dilakukan langsung oleh para expert yang ada. Para expert berasal dari berbagai sektor industri, mulai fashion, trainer NLP, furniture, agribisnis, kuliner, souvenir boneka, dan retailer. Pokoknya lengkap dan mumpuni," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Expert Diah Yusuf yang merupakan penggerak UKM menjelaskan cara kerja yang dilakukan para expert dalam memajukan UKM Indonesia.

"Kami mengatur jadwal konsultasi masing-masing expert. Kami juga menggunakan business model canvas dalam memberikan konsultasi, mentoring, dan coaching kepada pelaku UKM yang menghubungi SOBAT UKM. Intinya kami siap mendukung Telkom dalam memajukan UKM Indonesia," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Cahyo Prayogo
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: