Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sudirman Said Dukung Pembangunan Kilang Mini

Warta Ekonomi -

WE Online, Penungkal Abab - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mendukung pembangunan kilang minyak mini di Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilir, Sumatera Selatan karena daerahnya cukup potensial.

Kementerian ESDM siap membangun kilang mini di daerah ini bila memungkinkan, kata Sudirman yang didampingi Gubernur Sumsel Alex Noerdin usai meninjau sumber gas di Kabupaten Penungkal Abab Lematang Ilirt, Minggu (20/3/2016). Menurut dia, dengan potensi minyak 2.800 barel per hari sebenarnya sangat memungkinkan untuk membangun kilang minyak skala mini.

Pembangunan kilang mini sangat memungkinkan bagi daerah yang produksi minyaknya tidak terlalu besar atau atas pertimbangan biaya angkut atau produksi yang tinggi, kata Sudirman.

Namun tentunya kilang mini masih butuh kajian mengingat di Sungai Gerong sudah ada kilang, ujar dia.

Sementara itu Gubernur Sumsel mengatakan, pihaknya sudah memaparkan kepada menteri untuk pembangunan kilang di Tanjung Api-api mengingat kilang di Sungai Gerong merupakan peninggalan Belanda.

"Tadi sudah disampaikan dan beliau sudah memberi sinyal setuju yang artinya di Tanjung Api-api dibangun kilang besar di daerah ini bisa akan dibangun kilang mini," ujar dia.

Menteri ESDM melakukan kunjungan kerja ke Bumi Serepat Serasan dalam rangka melihat langsung produksi minyak di kabupaten yang belum genap berumur tiga tahun itu.

Menteri mengunjung sumur 75 yang dibuka pada jaman penjajahan Belanda dan sampai saat ini masih berproduksi mencapai 25 barel per hari.

Selain itu Sudirman mengunjungi stasiun pengumpul utama 10 yang mampu memproduksi minyak sebesar 800 barel per/hari.

Selain mengunjungi lokasi pengeboran minyak, menteri ESDM juga meresmikan peluncuran Kedai Es Krim Sahabat hasil produksi Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) setempat.

Kedai es krim ini merupakan produksi asli PKK yang bahan dasar susu produksi dari peternakan sapi perah milik PKK. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Sucipto

Advertisement

Bagikan Artikel: