Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menanti BPS Umumkan Inflasi April 2016

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Badan Pusat Statistik (BPS) kembali akan merilis angka indeks harga konsumen/inflasi untuk bulan April 2016. Angka inflasi ini akan diumumkan oleh Kepala BPS Suryamin pada pukul 11.00 WIB di Gedung BPS, Jakarta, Senin (2/5/2016).

Selain angka inflasi, BPS juga akan mengumumkan indeks harga perdagangan besar April 2016, perkembangan nilai tukar petani dan harga gabah April 2016, serta perkembangan transportasi dan pariwisata Maret 2016.

BPS juga akan merilis angka pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang serta mikro dan kecil triwulan I-2016. Terakhir, BPS juga akan merilis perkembangan Indeks Harga Produsen Triwulan I-2016.

Sebelumnya, Ekonom Riset Mandiri Sekuritas Leo Rinaldy memperkirakan inflasi pada April secara year to date akan di level 0,27%, sementara secara year on year akan di level 3,71% menurun dibanding Maret yang mencapai 4,45%.

Inflasi yang tetap terkendali tersebut didorong oleh Indeks Harga Konsumen (IHK) yang diperkirakan deflasi 0,35% secara month on month disebabkan turunnya harga makanan dan harga barang yang diatur pemerintah.

"Kami merevisi prediksi inflasi akhir tahun 2016 menjadi 4,5% dari 5% karena dampak langsung dan tidak langsung dari harga barang dan jasa yang diatur pemerintah/administered prices (yang belum dimasukkan ke dalam kalkulasi kami sebelumnya)," kata Leo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: