Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenkop Bakal Dirikan Kampung Sepatu di Smesco

Oleh: ,

Warta Ekonomi, Jakarta -

Industri sepatu Indonesia terus berkibar kendati kondisi perekonomian global mengalami perlambatan. Saat ini Indonesia termasuk tiga produsen alas kaki terbesar di pasar global.

Sejalan dengan hal tersebut, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM terus berupaya untuk melakukan berbagai terobosan inovatif, salah satunya dengan rencana menghadirkan kampung alas kaki handmade di Gedung Smesco RumahKU, Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Direktur Utama LLP KUKM Ahmad Zabadi mengatakan upaya yang dilakukan Smesco dalam mengangkat UKM sepatu dan alas kaki ini agar masyarakat dapat mengapresiasikan pelaku UKM dengan cara membeli dan menggunakan produk sepatu dan alas kaki buatan dalam negeri.

"Kami memiliki ratusan produk sepatu dari berbagai UKM di seluruh Indonesia. Produk-produk ini kami pasarkan, bukan hanya di Galeri Indonesia WOW, Paviliun Provinsi dan marketplace Smescotrade, tetapi juga melalui berbagai pameran di dalam dan luar negeri. Bahkan, ada beberapa produk unggulan sepatu kita sudah diekspor ke Italia," katanya dalam rilis pers yang diterima di Jakarta, Minggu (28/8/2016).

Ahmad Zabadi mengatakan rencana pendirian Kampung Sepatu di Smesco merupakan suatu kebutuhan karena Kampung Sepatu yang ingin dikembangkan memiliki keunikan dan menjadi nilai tambah besar bagi perajin sepatu handmade.

"Perajin bisa mengetahui langsung selera konsumen sehingga lebih kreatif, sedangkan konsumen jadi lebih merasa prestise karena dilayani secara personalized oleh perajin. Mereka akan lebih menghargai karya perajin," ujarnya.

Adapun, Smesco Digipreneur Day menjadi salah satu ruang bagi aktivitas promosi produk-produk UKM Smesco dan branding Smesco secara lebih efektif dan efisien dengan mengoptimalkan peran kalangan digitalpreneur bidang promosi di antaranya fotografer, instagramer, blogger, dan pegiat media sosial untuk mempromosikan sekaligus mem-branding Smesco sebagai LLP KUKM yang berkompetensi dan terdepan dalam memajukan UKM di tanah air.

Pada event kali ini tema yang dipilih adalah Exploring the Incredible of Shoes and Bag, mengulas tentang persepatuan dan fashion tas yang menjadi satu produk favorit (fast moving) di Smesco dalam format foto digital.

Dalam ajang ini akan dihadirkan fotografer profesional di bidang foto produk komersial, yaitu Ferry Ardianto dan Boni Febrianda. Keduanya berpengalaman memotret produk brand-brand internasional. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari penuh pada Sabtu, 27 Agustus 2016 ini diikuti oleh 40 peserta dari kalangan digitalpreneur dan UKM.

Karya foto peserta coaching akan dilombakan melalui kontes foto Instragram yang dikoneksikan ke Facebook dan diviralkan di media sosial. Sejumlah blogger dan pegiat media sosial pun akan berkompetisi membumikan produk UKM Sepatu dan tas di media sosial (Twitter, Facebook, dan Instagram).

"Saya sangat mengapresiasi keterlibatan netizen fotografer dan pegiat media sosial dalam acara Smesco Digipreneur Day. Ini salah satu upaya buat UKM agar lebih kreatif dan inovatif. Karenanya, karya mereka akan diabadikan dan dipromosikan di dunia maya, saluran yang lebih luas lagi dari pemasaran biasa," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: