Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BNPB : Korban Tewas Gempa Bumi Aceh Capai 100 Orang

BNPB : Korban Tewas Gempa Bumi Aceh Capai 100 Orang Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)?menyatakan korban tewas akibat gempa bumi di sejumlah daerah di Aceh mencapai 100 orang. Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan sampai dengan saat ini operasi pencarian dan penyelamatan korban masih terus dilakukan.

?Setelah kita melakukan kroscek dan pendataan berdasarkan identitas dan lainnya,maka korban meninggal adalah 100 orang. Kemarin ?sempat kita rilis ?102 orang namun berdasarkan pendataan terbaru ternyata ada korban yang namanya tertulis dua kali. Sehingga finalnya ada 100 orang meninggal ,?Kata Sutopo dalam konferensi pers di Kantor Pusat BNPB di Jakarta, Jumat (9/12). ?

Ia mengatakan dari 100 korban meninggal, 92 korban diantaranya telah teridentifikasi. Sementara untuk luka-luka terdapat 724 orang dimana 135 orang ?luka berat , 589 orang mengalami luka ringan . ?Sedangkan pengungsi terdapat 23.231 jiwa yang tersebar di beberapa titik terutama pengungsi ini berasal dari Kabupaten Pidie Jaya dan Kabupaten Bireun,? tambahnya.

Sementara untuk bangunan rusak akibat guncangan yang keras ada 129 ruko. Dimana 105 ruko roboh, 19 ruko rusak berat, dan 5 ruko rusak ringan. ?Kenapa banyak ruko roboh ? Karena sebagian ruko-ruko tadi dibangun dengan tidak tahan gempa,? Ujarnya.

Sedangkan kerusakan untuk rumah sementara untuk saat ini terdapat ?11.681 rumah rusak. Dimana 2.930 rumah rusak berat, 74 rumah ?rusak sedang , dan 8.677 rumah rusak ringan.

?Pendataan masih terus dilakukan.Dari Dinas PU dibantu beberapa ahli masih terus melakukan pendataan ke daerah-daerah yang terdampak dan mengklasifikasikan rumah-rumah rusak berat, rusak sedang, dan rusak ringan,?pungkas Sutopo.?

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Boyke P. Siregar

Advertisement

Bagikan Artikel: