Portal Berita Ekonomi Sabtu, 19 Agustus 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • 19:21 WIB. iOS - Asus akan hadirkan android O untuk zenfone 3 dan 4.
  • 19:07 WIB. Internet - Google tengah menguji coba aplikasi search yang lebih ringan untuk negara berkembang.
  • 17:39 WIB. Teror Barcelona - Kepolisian Spanyol masih mencari tersangka penyerangan di Barcelona.
  • 17:12 WIB. Rusia - Delapan orang terluka akibat penusukan di sebuah kota di Rusia, polisi tembak mati satu penyerang.
  • 16:56 WIB. Pilgub Jabar - PKS yakin bisa menang pilgub Jabar.
  • 16:56 WIB. Politik - PKS: Semoga SBY-Megawati gak ribut lagi.
  • 16:54 WIB. Jokowi - Presiden Jokowi teken UU Pemilu.
  • 16:50 WIB. Finlandia - Dua orang meninggal dunia, enam lainnya terluka dalam insiden penusukan di Finlandia.
  • 16:48 WIB. Teror Barcelona - Polisi Spanyo sebut jika penyerang di Barcelona mempunyai rencana penyerangan yang lebih besar.
  • 16:16 WIB. Gadget - Nokia 8 resmi hadir dengan kamera ganda dan snapdragon 835.
  • 16:13 WIB. Gadget - HMD Global dikabarkan sedang siapkan penerus Nokia 8 dengan layar lebih besar.

Greatest of All Time

Foto Berita Greatest of All Time
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Untuk sebagian orang, the best president ever is still Mr Soekarno. Kebanyakan dari kita tidak berkesempatan menyaksikan langsung sepak terjang beliau, namun dari apa yang diceritakan tentang karismanya yang konon paling ganteng dan mahir berorasi, Soekarno merupakan salah satu tokoh paling ikonik di era tersebut, bahkan pada tingkat dunia.

Beberapa karakteristik iconic brand yang saya sarikan dari pengamatan:

1. Me Against The World Mentality

Mendeklarasikan sikapnya melawan "kekuatan barat" yang mengarahkan perhatian dunia kepadanya. Apple Computer dulu mengasosiasikan diri dengan tokoh-tokog kontroversial seperti Bono, Einstein, Martin Luther King, John Lennon, yang dengan sengaja menunjukkan i am different.

2. Magnetism

Good looking dan kemampuan berpidato is necessary. Provokatif dan argumentatif. Tidak ada yang mau mengidolakan tokoh yang fotonya tidak bagus dipajang di dinding kamar. Betul kan? Jangan anggap remeh penampilan. Nobody likes an ugly brand, at least not for long. Unique yes, ugly no!

3. Consistent Attributes

Kopiah, setelan safari, kacamata hitam. Sebagaimana kumis Charlie Chaplin Hitler tetap melekat di benak semua orang. Presiden Soekarno melabeli dirinya dengan "Bung", it is a personal branding strategy. Contoh di marketing: Nike dengan "swoosh" check mark-nya. Mr badut Ronald Mc Donald. Tidak ada brand lain yang lebih kuat asosiasinya dengan warna merah selain Ferrari. Bright Gas Pertamina: Pink! Saya selalu menganjurkan teman-teman Pertamina untuk stick with one color only.

4. Story, Drama, & Controversy

Selain seberapa bagusnya kamu, pertanyaan yang juga penting adalah seberapa sensasional kamu? Bung Karno memiliki lebih dari satu istri di mana dalam pandangan dunia modern hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak lumrah dan tentunya mengundang polemik.

Sebagai persona yang flamboyan dan emosional, beliau tidak ragu mendeklarasikan "Ganyang Malaysia" yang membuat Asia Tenggara kalang kabut. Saya biasanya menghindari sensasi berisiko dalam penyusunan strategi komunikasi. Namun, kenyataannya memang audience akan selalu mengingat SDC (story, drama, controversy). So, this is just for you to know, it's your choice.

5. Being The First

Saya taruh the first di paling akhir karena justru ini yang paling penting. Bung Karno adalah Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama. Niel Armstrong adalah orang pertama yang mendarat di bulan (orang kedua tidak ada yang ingat).

Michael Jordan bukan pebasket pertama tentunya, tetapi dialah yang pertama kali memainkan basket bagaikan sebuah entertainment. Celana gombrong? Jordan yang pertama kali memakainya, FYI. Tentu saja your product has to be good, but sometimes being good only is not enough, you have to be THE FIRST. Kaskus adalah yang pertama. Amazon.com adalah yang pertama.

Saat kita sempat menjadi konsultan Yamaha di kisaran 2005-an, market share mereka tidak sampai setengahnya Honda. Lalu, Yamaha memberanikan diri menjadi yang pertama meluncurkan motor matic dengan segala suka-dukanya. Kita merasakan dukanya lumayan banyak, tidak mudah meluncurkan produk yang belum ada sama sekali di pasar. Sekarang? Market share Yamaha dan Honda relatif setara.

Tidak semua karakteristik iconic brand cocok untuk kita. Chose and pick those which are suitable for you.

Penulis: Alex Mulya, CEO Axia World Indonesia, Marketing Research & Consultancy

Tag: Alex Mulya

Penulis: http://wartaekonomi.co.id/penulis.html,

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Alex Mulya

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Nilai Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 1.00 3,582.57 3,546.65
British Pound GBP 1.00 17,306.97 17,133.02
China Yuan CNY 1.00 2,012.92 1,992.84
Dolar Amerika Serikat USD 1.00 13,435.00 13,301.00
Dolar Australia AUD 1.00 10,606.93 10,499.81
Dolar Hong Kong HKD 1.00 1,717.22 1,699.98
Dolar Singapura SGD 1.00 9,842.49 9,740.04
EURO Spot Rate EUR 1.00 15,764.63 15,602.07
Ringgit Malaysia MYR 1.00 3,128.06 3,094.70
Yen Jepang JPY 100.00 12,279.50 12,153.69

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5893.841 1.892 559
2 Agriculture 1744.418 -4.747 18
3 Mining 1511.362 10.536 44
4 Basic Industry and Chemicals 611.257 -6.211 67
5 Miscellanous Industry 1346.700 2.582 41
6 Consumer Goods 2518.118 23.928 45
7 Cons., Property & Real Estate 508.533 -2.509 65
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1240.969 -0.009 60
9 Finance 981.748 -4.628 89
10 Trade & Service 924.803 1.544 130
No Code Prev Close Change %
1 BIMA 91 116 25 27.47
2 TGRA 400 500 100 25.00
3 FISH 2,400 3,000 600 25.00
4 WAPO 81 101 20 24.69
5 ALKA 244 304 60 24.59
6 CMPP 244 304 60 24.59
7 MLPT 446 555 109 24.44
8 PUDP 515 640 125 24.27
9 LION 820 975 155 18.90
10 PTRO 990 1,125 135 13.64
No Code Prev Close Change %
1 BRAM 13,850 11,100 -2,750 -19.86
2 BPFI 500 450 -50 -10.00
3 WINS 264 242 -22 -8.33
4 KBLV 980 900 -80 -8.16
5 BBHI 183 170 -13 -7.10
6 DGIK 74 69 -5 -6.76
7 PYFA 206 194 -12 -5.83
8 TGKA 2,500 2,370 -130 -5.20
9 TPIA 24,575 23,300 -1,275 -5.19
10 MAMI 78 74 -4 -5.13
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 348 344 -4 -1.15
2 VRNA 98 95 -3 -3.06
3 MPPA 690 750 60 8.70
4 MLPL 214 218 4 1.87
5 GGRM 70,950 74,000 3,050 4.30
6 BBCA 18,900 18,700 -200 -1.06
7 PGAS 2,120 2,160 40 1.89
8 TLKM 4,770 4,780 10 0.21
9 HMSP 3,690 3,740 50 1.36
10 ASII 7,850 7,900 50 0.64