Portal Berita Ekonomi Kamis, 19 Januari 2017

Perspektif Baru Bisnis & Ekonomi

Executive Brief
  • New York - The blue-chip Dow Jones Industrial Average had fallen 22.05 points (0.11 per cent) to 19,804.72 on Wednesday (18/1).
  • New York - The broader S&P 500 gained 4.00 points (0.18 per cent) to 2,271.89 on Wednesday (18/1).
  • New York - The tech-heavy Nasdaq rose 16.93 points (0.31 per cent) to 5,555.65 on Wednesday (18/1).
  • New York - U.S. West Texas Intermediate (WTI) crude oil futures settled down $1.40, or 2.7 percent, at $51.08 per barrel on Wednesday (18/1).
  • London - Bent crude futures, the international benchmark for oil prices, were down $1.51, or 2.7 percent, at $53.96 a barrel at 2:34 p.m. ET (1734 GMT) on Wednesday (18/1).
  • Coppa Italia (19/1) - Lazio 4 - 2 Genoa
  • FA CUP (19/1) - Plymouth Argyle 0 - 1 Liverpool
  • Bansos - Polisi panggil Sylviana Murni terkait dugaan korupsi Dana Bansos
  • Swiss - Presiden China, Xi Jinping meminta Nuklir dihentikan saat berbicara dalam Forum International PBB
  • Piala Afrika (19/1) - Kamerun 2 - Guinea Bissau
  • DEWA - PT Darma Henwa Tbk. menargetkan produksi batu bara 3 juta ton per tahun setelah perusahaan mengantongi perjanjian jasa pertambangan.
  • Finansial - Perusahaan penyedia layanan pinjam meminjam langsung atau peer-to-peer lending Modalku memperluas jaringan ke Bandung.

Greatest of All Time

Foto Berita Greatest of All Time
Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -

Untuk sebagian orang, the best president ever is still Mr Soekarno. Kebanyakan dari kita tidak berkesempatan menyaksikan langsung sepak terjang beliau, namun dari apa yang diceritakan tentang karismanya yang konon paling ganteng dan mahir berorasi, Soekarno merupakan salah satu tokoh paling ikonik di era tersebut, bahkan pada tingkat dunia.

Beberapa karakteristik iconic brand yang saya sarikan dari pengamatan:

1. Me Against The World Mentality

Mendeklarasikan sikapnya melawan "kekuatan barat" yang mengarahkan perhatian dunia kepadanya. Apple Computer dulu mengasosiasikan diri dengan tokoh-tokog kontroversial seperti Bono, Einstein, Martin Luther King, John Lennon, yang dengan sengaja menunjukkan i am different.

2. Magnetism

Good looking dan kemampuan berpidato is necessary. Provokatif dan argumentatif. Tidak ada yang mau mengidolakan tokoh yang fotonya tidak bagus dipajang di dinding kamar. Betul kan? Jangan anggap remeh penampilan. Nobody likes an ugly brand, at least not for long. Unique yes, ugly no!

3. Consistent Attributes

Kopiah, setelan safari, kacamata hitam. Sebagaimana kumis Charlie Chaplin Hitler tetap melekat di benak semua orang. Presiden Soekarno melabeli dirinya dengan "Bung", it is a personal branding strategy. Contoh di marketing: Nike dengan "swoosh" check mark-nya. Mr badut Ronald Mc Donald. Tidak ada brand lain yang lebih kuat asosiasinya dengan warna merah selain Ferrari. Bright Gas Pertamina: Pink! Saya selalu menganjurkan teman-teman Pertamina untuk stick with one color only.

4. Story, Drama, & Controversy

Selain seberapa bagusnya kamu, pertanyaan yang juga penting adalah seberapa sensasional kamu? Bung Karno memiliki lebih dari satu istri di mana dalam pandangan dunia modern hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak lumrah dan tentunya mengundang polemik.

Sebagai persona yang flamboyan dan emosional, beliau tidak ragu mendeklarasikan "Ganyang Malaysia" yang membuat Asia Tenggara kalang kabut. Saya biasanya menghindari sensasi berisiko dalam penyusunan strategi komunikasi. Namun, kenyataannya memang audience akan selalu mengingat SDC (story, drama, controversy). So, this is just for you to know, it's your choice.

5. Being The First

Saya taruh the first di paling akhir karena justru ini yang paling penting. Bung Karno adalah Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama. Niel Armstrong adalah orang pertama yang mendarat di bulan (orang kedua tidak ada yang ingat).

Michael Jordan bukan pebasket pertama tentunya, tetapi dialah yang pertama kali memainkan basket bagaikan sebuah entertainment. Celana gombrong? Jordan yang pertama kali memakainya, FYI. Tentu saja your product has to be good, but sometimes being good only is not enough, you have to be THE FIRST. Kaskus adalah yang pertama. Amazon.com adalah yang pertama.

Saat kita sempat menjadi konsultan Yamaha di kisaran 2005-an, market share mereka tidak sampai setengahnya Honda. Lalu, Yamaha memberanikan diri menjadi yang pertama meluncurkan motor matic dengan segala suka-dukanya. Kita merasakan dukanya lumayan banyak, tidak mudah meluncurkan produk yang belum ada sama sekali di pasar. Sekarang? Market share Yamaha dan Honda relatif setara.

Tidak semua karakteristik iconic brand cocok untuk kita. Chose and pick those which are suitable for you.

Penulis: Alex Mulya, CEO Axia World Indonesia, Marketing Research & Consultancy

Tag: Alex Mulya

Penulis: http://wartaekonomi.co.id/penulis.html,

Editor: Cahyo Prayogo

Foto: Alex Mulya

Kurs Rupiah

Mata Uang Simbol Jual Beli
Arab Saudi Riyal SAR 3,514.87 3,478.27
British Pound GBP 17,169.60 16,991.11
China Yuan CNY 1,989.13 1,969.21
Dolar Amerika Serikat USD 13,179.00 13,047.00
Dolar Australia AUD 10,171.55 10,063.15
Dolar Hong Kong HKD 1,699.24 1,682.01
Dolar Singapura SGD 9,827.01 9,722.78
EURO Spot Rate EUR 14,736.76 14,583.94
Ringgit Malaysia MYR 3,292.28 3,255.24
Yen Jepang JPY 13,026.59 12,889.75

Ringkasan BEI

No Name Today Change Stock
1 Composite Index 5294.784 27.846 541
2 Agriculture 1919.455 33.515 21
3 Mining 1403.235 7.104 43
4 Basic Industry and Chemicals 536.483 2.143 66
5 Miscellanous Industry 1347.813 12.896 42
6 Consumer Goods 2352.629 17.077 39
7 Cons., Property & Real Estate 521.724 3.122 63
8 Infrastruc., Utility & Trans. 1055.541 2.528 56
9 Finance 806.133 4.369 89
10 Trade & Service 846.283 -0.890 122
No Code Prev Close Change %
1 DGIK 68 85 17 25.00
2 UNIC 1,755 2,190 435 24.79
3 OASA 364 454 90 24.73
4 GZCO 83 103 20 24.10
5 MTSM 374 456 82 21.93
6 SKLT 695 795 100 14.39
7 ADMG 138 155 17 12.32
8 BWPT 286 320 34 11.89
9 SRIL 230 256 26 11.30
10 IKBI 316 350 34 10.76
No Code Prev Close Change %
1 MAYA 3,200 2,400 -800 -25.00
2 ARII 486 366 -120 -24.69
3 HOTL 180 145 -35 -19.44
4 VINS 84 75 -9 -10.71
5 CNTX 865 800 -65 -7.51
6 PICO 216 200 -16 -7.41
7 PGLI 59 55 -4 -6.78
8 SMDM 95 89 -6 -6.32
9 SAFE 80 75 -5 -6.25
10 RMBA 450 422 -28 -6.22
No Code Prev Close Change %
1 SRIL 230 256 26 11.30
2 BIPI 137 136 -1 -0.73
3 BWPT 286 320 34 11.89
4 DGIK 68 85 17 25.00
5 GZCO 83 103 20 24.10
6 BUMI 420 426 6 1.43
7 BABP 73 76 3 4.11
8 DYAN 64 65 1 1.56
9 SMDM 95 89 -6 -6.32
10 MCOR 193 210 17 8.81