Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Alibaba Targetkan Festival Penjualan Belanja Online 11.11 Capai US$ 20 Miliar

Alibaba Targetkan Festival Penjualan Belanja Online 11.11 Capai US$ 20 Miliar Kredit Foto: Arif Hatta
Warta Ekonomi, Jakarta -

Festival belanja online tahunan terbesar di dunia, ?Singles Day? yang diselenggarakan oleh raksasa?e-commerce?Alibaba, kini berganti nama menjadi 11.11 Global Shopping Festival.?

Tahun ini ajang 11.11 akan menjadi sebuah ajang belanja yang glamour, global, dan digital. Alibaba menargetkan ajang 11.11 tahun ini akan meraup penjualan setidaknya mencapai US$ 17 miliar hingga US$ 20 miliar hanya dalam waktu 24 jam.

Alibaba akan mengadakan sebuah gala atau pertunjukan yang diramaikan oleh sejumlah selebriti di kota Shenzen, untuk menghitung mundur pelaksanaan 11.11.

Dikenal sebagai acara belanja online selama 24 jam terbesar di dunia, 11.11 Global Shopping Festival jatuh pada 11 November, yang secara resmi dimulai pada pukul 00.00 tengah malam.

Di ajang Singles Day, ajang ini hanya menawarkan diskon semata. Namun, pada 11.11, lebih banyak merek akan dibawa, dan lebih banyak acara akan diselenggarakan untuk mendekatkan diri dengan konsumennya.?

"Menjual secara langsung ke 600 juta konsumen di China itu penting. Namun, hal yang paling penting adalah cara meningkatkan peluang bagi merek dan penjual untuk membangun kesadaran dan hubungan antara mereka dan konsumen," kata Denise Sabet, manajer di Labbrand di New York, perusahaan agensi yang berbasis di Shanghai, China.

Sebenarnya, tujuan utama ajang 11.11 tahun ini adalah untuk mewujudkan impian Jack Ma, pendiri Alibaba, untuk menemukan kembali serta mendigitalisasi penjualan ritel, pertama di China, dan dunia, serta menjadi langkah awal perusahaan untuk melayani dua miliar konsumen global.

Tahun lalu, Alibaba mencetak rekor total penjualan sebesar US$ 14 miliar. Akumulasi konsumsi nasional dalam?festival belanja?tersebut mampu melampaui penjualan gabungan dari?Black Friday?dan?Cyber Monday, hari penjualan online terbesar di Amerika Serikat, yang jatuh pada Senin pertama setelah?Thanksgiving.

Rekor penjualan yang mereka capai tersebut meningkat 60 persen dari hasil tahun sebelumnya.

Pesta konsumsi tingkat tinggi tersebut menggambarkan kekuatan konsumsi China di tengah melambatnya pertumbuhan ekonomi negara Tirai Bambu tersebut.

"Alibaba Group telah mengubah 11.11 menjadi pengalaman belanja mobile yang belum pernah terjadi sebelumnya. Selama belanja maraton 24 jam, konsumen akan mendapat kejutan baru setiap jam yang disesuaikan untuk pengguna ponsel. Seluruh dunia akan menyaksikan kekuatan konsumsi China pada 11 November ini,? kata CEO Alibaba Daniel Zhang.

Singles Day?diciptakan pada tahun 1990-an sebagai cara untuk merayakan kehidupan para lajang, tetapi Alibaba menjadi perusahaan besar pertama yang membuat hari tersebut sebagai hari belanja, dengan meluncurkan penjualan online khusus pada tahun 2009 yang secara efektif mengubah hari bagi para single menjadi fenomena belanja.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Gregor Samsa
Editor: Vicky Fadil

Advertisement

Bagikan Artikel: