Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Google Bocorkan Insight Menarik Pengguna Internet Selama Ramadhan

Google Bocorkan Insight Menarik Pengguna Internet Selama Ramadhan Kredit Foto: Dina Kusumaningrum
Warta Ekonomi, Jakarta -

Head of E-Commerce Google Indonesia, Henky Prihatna mengungkapkan pengakses google lewat mobile menjelang Ibadah Puasa sekarang ini atau selama bulan suci Ramadhan meningkat tajam hingga 75 persen. Artinya, banyak penghuni dunia maya sudah mulai mencari sesuatu yang berbau Ramadhan ataupun mendekati Hari Raya Idul Fitri nanti.

"Di setiap Ramadhan itu ada insight baru yang menarik, terutama dalam hal e-commerce. Nah kita tahu bahwa setiap bulan Ramadhan nanti atau tanggal 25 ini konsumen akan meningkat. Secara online maupun offline meningkat 30 persen datanya. Bayangkan dalam setahun konsumsi paling tinggi saat bulan Ramadhan. Data kita juga menunjukkan begitu," ujar Henky, Jakarta, Selasa (23/5).

Tidak hanya saat menjelang Ramadhan saja, Google juga kerap memaparkan insight terkait otomotif maupun financial technology (fintech). Namun, di momen ini Google merilis data-data baru terkait perilaku konsumen Indonesia selama Ramadhan. Selama periode ini, masyarakat Indonesia tak hanya menghabiskan waktu bersama keluarga, namun juga mengeluarkan lebih banyak untuk berbelanja.

"Pada saat Ramadhan, pencarian itu meningkat sebelum bulan Ramadhan. Dan rata-rata yang kita lihat adalah yang menarik ada insight baru," terang Henky.

Henky memaparkan yang menarik bagi pengguna internet selama momen ini seputar kartu kredit atau cicilan. Mengapa kartu kredit yang dicari, Henky mengasumsikan banyak masyarakat yang tidak mampu membeli sesuatu pada saat mudik Lebaran.

"Pencarian kartu kredit meningkat. Itu yang tahun lalu. Nah orang yang mencari tentang cicilan itu meningkat mendekati Ramadhan. Sebelum Ramadhan, orang yang?mencari aplikasi kartu kredit juga meningkat," ucap Hengky.

Kemudian yang paling banyak diakses melalui mesin pencari asal Amerika Serikat tersebut mengenai promo kartu kredit. "Nah promo kartu kredit juga meningkat angkanya karena orang memulai dengan segala sesuatu," kata Hengky.

Selain itu, paling banyak yang dicari ialah barang-barang yang berkaitan dengan bulan Ramadhan atau Hari Raya Idul Fitri, seperti penanak nasi dan lemari pendingin. "Pencarian tentang smartphone juga meningkat," sambung Hengky.

Henky menambahkan penelusuran yang berkaitan dengan promosi dan diskon juga memuncak saat Ramadhan. Misalnya penelusuran smartphone mencapai puncaknya pada pekan pemberian THR dengan peningkatan kata kunci tentang harga dan promosi sebesar 40 persen.

"Kemudian merencanakan perjalanan sejak awal. Berdasarkan tren penelusuran pemudik di Indonesia merencanakan perjalanan mudik dengan kereta sekitar tiga bulan sebelum Ramadhan sementara bus dan penerbangan domestik dimulai sekitar dua bulan sebelumnya," pungkas Head of E-Commerce Google Indonesia.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Dina Kusumaningrum
Editor: Rizka Kasila Ariyanthi

Advertisement

Bagikan Artikel: