Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Wagub Sumbar: Dua Kecamatan Pulau Siberut Butuh Bank

        Wagub Sumbar: Dua Kecamatan Pulau Siberut Butuh Bank Kredit Foto: Sufri Yuliardi
        Warta Ekonomi, Padang -

        Dua kecamatan di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, menyampaikan kebutuhan bank kepada Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dalam kunjungan kerjanya di daerah setempat sejak Sabtu (5/11), hingga Selasa (8/11).

        "Ada dua kecamatan di kepulauan Siberut yang meminta agar dihadirkan bank di daerahnya. Kecamatan itu adalah Siberut Utara, dan Siberut Barat Daya," kata Nasrul Abit, di Padang, Rabu (9/11/2016).

        Ia mengatakan untuk permintaan bank tersebut akan segera direspon dengan cepat oleh pemerintahan provinsi. Dengan melakukan komunikasi kepada pihak bank yang ada di Sumbar.

        "Perlu komunikasi dengan bank yang ada untuk pembukaan cabangnya, terutama Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar yaitu Bank Nagari," katanya.

        Untuk realisasi, katanya, pemerintah provinsi juga menunggu kajian internal dari masing-masing bank untuk pembukaan cabang itu.

        "Kehadiran bank di daerah itu diharapkan bisa ikut menggerakkan perekonomian masyarakat," katanya.

        Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kepulauan Mentawai D Lubis Sabelau, mengatakan saat ini baru terdapat satu cabang bank di Siberut, yaitu Bank Nagari di Kecamatan Siberut Selatan. Pada bagian lain Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit, melakukan kunjungan kerja ke Mentawai dengan membawa sebanyak 23 pejabat Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) provinsi.

        Kunjungan tersebut bertujuan untuk mengidentifikasi persoalan daerah itu dan dijadikan dasar untuk membawa Mentawai keluar dari daerah tertinggal. Hasil identifikasi selanjutnya juga akan dikirimkan ke pemerintahan pusat.

        Dalam mengidentifikasi permasalahan yang ada, 23 SKPD yang ikut serta dibagi menjadi dua tim, dan fokus menyusuri empat kecamatan yang terdapat di Pulai Siberut. Yaitu Siberut Utara, Tengah, Selatan, Selatan, dan Barat Daya. (Ant).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Leli Nurhidayah

        Bagikan Artikel: