Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Bagaimana Cara Memasarkan Brand ke Gen Z? Berikut Penjelasannya

        Bagaimana Cara Memasarkan Brand ke Gen Z? Berikut Penjelasannya Kredit Foto: Unsplash/Aaron
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Dalam artikel kali ini, bukan lagi Generasi Millenial yang menjadi objek pembahasan, melainkan Gen Z. Sekarang waktunya Anda mengenal Gen Z.

        Generasi Z adalah mereka yang lahir antara tahun 1995 dan 2012, dan diperkirakan akan mencapai 40% dari semua konsumen pada tahun 2020. Meskipun mereka merupakan ?pribumi digital??pembeli yang sadar harga.?Apabila generasi milenium telah memonopoli sorotan pemasaran cukup lama, saat ini Gen Z sangat layak untuk diketahui.

        Untuk mendapatkan wawasan tentang generasi ini, MNI Targeted Media Inc menugaskan untuk meneliti perilaku Gen Z, mensurvei para siswa di universitas-universitas besar tentang konsumsi media mereka.?Mereka mengidentifikasi tujuh ciri utama generasi ini, yang meliputi ketergantungan besar mereka pada media sosial, rasa takut kehilangan, harga tinggi untuk dampak sosial, harapan percakapan, dan keterbukaan pikiran.

        Dalam twist yang menarik, MNI menemukan bahwa Gen Z secara mengejutkan bergantung pada cetak.?Bahkan, mereka menghabiskan lebih banyak waktu membaca surat kabar dan majalah fisik tanpa gangguan daripada yang mereka lakukan di media sosial, situs web, dan blog.

        Kemudian, berdasarkan analisisnya tentang generasi ini, MNI memformulasikan lima "hukum" pemasaran ke Gen Z yang menawarkan wawasan berguna dan takeaway yang dapat ditindaklanjuti:

        Pertahankan konten khusus platform Anda

        Tidaklah mengherankan, Gen Z sangat terhubung?sebagian besar karena mereka menggunakan platform media sosial dan kemampuan untuk mengakses Google.?MNI menemukan bahwa konsumen ini mudah menavigasi antara Twitter, Facebook, Instagram, dan Snapchat.?Namun, penggunaan masing-masing platform itu spesifik.?Mereka menggunakan Facebook untuk mendapatkan pembaruan umum;?Twitter untuk berita terbaru;?Snapchat untuk membagikan momen-momen kehidupan nyata;?dan Instagram untuk menampilkan diri aspiratif mereka.

        Dengan melihat hasil survey tersebut, sesuaikan pesan Anda ke setiap platform karena Gen Z ingin melihat bahwa Anda memahaminya, yang tercermin dalam bagaimana mereka menggunakan media sosial.?Pesan Anda harus pas dengan mulus dan tepat dalam saluran sosial tertentu untuk menciptakan koneksi yang asli.

        Jadilah yang autentik

        Kesetiaan terhadap merek dan pilihan membeli mereka langsung mencerminkan sistem gen Z.?Gen Z memberikan penghargaan kepada merek-merek yang mengambil posisi yang kuat pada isu-isu (asalkan sesuai dengan nilai-nilai mereka).?Mereka ingin melihat bahwa merek benar-benar peduli, dan ini berarti menjadi autentik.?Merek harus memiliki sudut pandang yang jelas dan stabil yang tidak mengabaikan berdasarkan keadaan atau platform.

        Untuk terhubung dengan Gen Z, merek harus bersedia untuk berdiri pada isu-isu yang kompleks dan bahkan kontroversial.?Kemudian, mereka perlu mempertahankan posisi yang jelas dan percaya diri sambil benar-benar menarik konsumen untuk menunjukkan bahwa merek "berjuang melawan kebaikan" dengan mereka, berdampingan.

        Biarkan mereka membuat konten Anda

        Dibesarkan di dunia influencer, Gen-Z suka melihat rekan-rekan mereka menggunakan produk.?Mereka juga suka memposting konten ke saluran mereka sendiri dan membuatnya mendapatkan perhatian.?Dukungan selebriti dan ahli kurang memiliki nilai bagi mereka daripada teman-teman atau influencer yang mereka ikuti di media sosial.

        Jadi, berikan kesempatan kepada konsumen ini untuk membuat dan membagikan konten mereka sendiri di sekitar produk atau merek Anda. Semakin sedikit kontrol yang Anda pertahankan atas konten, semakin baik.?Mengizinkan Gen Z untuk memposting apa yang mereka inginkan, bagaimana mereka mau, akan lebih baik mendukung.

        Jangan lupa harga

        Studi MNI, 72% dari konsumen Gen Z mengatakan bahwa biaya adalah faktor yang paling penting ketika melakukan pembelian.?Mereka menggunakan internet untuk membandingkan harga, dan tidak ada jumlah pemasaran yang dapat menarik mereka kecuali harganya pas di kantong Gen Z.

        Kenali pasar dan pesaing Anda setidaknya sebaik yang mereka lakukan. Intinya, dapatkan harga itu dengan benar dan pas.

        Bawa digital di dunia nyata

        Pembeli Gen Z saat ini 60% lebih suka pergi ke toko daripada berbelanja online, namun meskipun mereka berbelanja di toko, mereka tetap membandingkan harga dengan aplikasi toko yang ada di gawai mereka. Mereka tidak bisa terpisahkan dari dunia digital.

        Alagkah baiknya apabila Anda mempertimbangkan kerajinan pemasaran Anda untuk menangkap audiens ini dan menambahkan fitur-fitur baru ke dalam aplikasi Anda untuk menjembatani kedua dunia dengan mulus seperti yang mereka lakukan.?Dengan Gen Z, interaksi kehidupan nyata dan integrasi teknologi langkah yang cerdas.

        Seperti yang ditunjukkan MNI, generasi ini bukanlah Millennials 2.0.?Sebaliknya, mereka adalah kekuatan yang berbeda yang membuat pilihan canggih tentang identitas, tujuan, dan nilai-nilai.?Mereka menghabiskan hidup mereka dikelilingi oleh konten digital dan mereka tahu cara menyaring apa pun yang tidak memiliki nada, bahasa, dan relevansi yang tepat.

        Untuk memasarkan ke Gen Z, merek yang paling bersedia mendengarkan suara dan preferensi mereka dan berkomunikasi secara autentik di seluruh platform digital dan melalui pengalaman dunia nyatalah yang akan mereka lirik.

        Jika Anda mendapatkan pesan dan media yang tepat, mereka akan membalas Anda.?Dan jika Anda tidak melakukannya, mereka akan memberi tahu Anda.?Jadilah nyata, tanggapi, dan pertahankan nilai-nilai bersama dan koneksi yang benar untuk hubungan yang paling bermanfaat dengan Generasi Z.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Clara Aprilia Sukandar
        Editor: Clara Aprilia Sukandar

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: