Sebagai seorang wirausahawan, mudah untuk membeli pola pikir "membangun dan mereka akan datang".?Lagi pula, apa yang Anda bangun mungkin memang hal yang menginspirasi Anda untuk menjadi wirausaha sejak awal.?Tetapi, tidak peduli seberapa besar pun keyakinan Anda, kunci mendasar untuk bertahan hidup dalam bisnis apapun adalah jaringan yang kuat.
Bukan konsep, strategi atau bahkan pelaksanaannya. Bisnis Anda memerlukan jaringan. Jaringan yang kuat untuk mempertahankan bisnis Anda dalam persaingan pasar.
Hubungan penting
Ini bukan untuk mengatakan hal-hal seperti pengembangan dan penentuan posisi tidak penting ketika membangun bisnis. Itu tetap penting, namun memiliki sepemahaman dalam sebuah hubungan bisnis itu lebih penting. Baik itu investor, pelanggan, klien, harus memahami visi Anda dan bisnis Anda.
Menurut Isa Watson, CEO Envested, yang dikutip dari Entrepreneur.com (8/1/2019), hubungan yang Anda buat juga penting.?Mencari saran dari jaringan Anda dapat membantu Anda melakukan panggilan yang tepat untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda.
Tempatkan diri Anda di luar sana
Ada alasan mengapa ada begitu banyak acara membangun jejaring untuk para pendiri bisnis.?Membangun jaringan yang sukses membutuhkan diri Anda di sana lagi dan lagi dan lagi.?Ini berarti menjangkau teman-teman dan mengirim email yang tak terhitung jumlahnya.?Hal itu mungkin terasa tidak nyaman pada awalnya, tetapi dengan setiap interaksi menjadi lebih mudah untuk membuat pengantar tersebut.
Semakin banyak berbicara dengan orang lain mengenai bisnis Anda, Watson mengatakan itu sangat membantu untuk membiasakan diri menjadi pemimpin bisnis yang siap memperluas jaringan. Singkatnya, jangan takut untuk memanfaatkan jaringan yang Anda miliki dan jangan takut untuk bertanya siapa yang harus Anda temui berikutnya.
Berproses, ingat! Tidak semua wirausahawan itu sama
Bertemu seseorang sekali tidak berarti mereka tiba-tiba menjadi bagian yang dapat diandalkan dari jaringan Anda.?Tetapi, di sisi lain, Anda harus yakin bahwa hubungan yang terus Anda luangkan waktu untuknya adalah yang paling berharga bagi Anda dan bisnis Anda.
Anda harus memahami bahwa tidak semua orang yang Anda temui sebagai wirausahawan tidak membutuhkan perhatian yag sama. Jangan menyamaratakan setiap orang. Strategi yang Anda bangun harus bervariasi.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Clara Aprilia Sukandar
Editor: Clara Aprilia Sukandar
Tag Terkait: