Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Kanselir Merkel Minta Jerman Tak Lupakan Kejahatan NAZI, Terutama Holocaust

        Kanselir Merkel Minta Jerman Tak Lupakan Kejahatan NAZI, Terutama Holocaust Kredit Foto: Reuters/Hannibal Hanschke
        Warta Ekonomi, Berlin -

        Kanselir Angela Merkel mengatakan Jerman harus terus betanggung jawab untuk mengingat kejahatan?Nazi. Itu disampaikannya saat mengunjungi di kamp kematian Auschwitz di Polandia.

        Tanggung jawab adalah "bagian dari identitas nasional kami", katanya.

        Kunjungan Merkel terjadi di tengah meningkatnya anti-Yahudi di Jerman dan menjelang peringatan 75 tahun kamp pembebasan.

        Baca Juga: Proyek Pipa Gas Rusia-Jerman Kena Sanksi, Bundestag: Bukan Urusan Amerika!

        Rezim Nazi membunuh sekitar 1,1 juta orang, sebagian besar dari mereka adalah orang Yahudi, di Auschwitz-Birkenau.

        Merkel didampingi pada kunjungannya oleh Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki dan seorang yang selamat dari kamp kematian, Bogdan Stanislaw Bartnikowski yang berusia 87 tahun.

        Dia berjalan melewati gerbang "Arbeit macht frei" yang terkenal kejam di Auschwitz dan kemudian berdiam diri sebentar di Tembok Hitam, tempat ribuan tahanan dieksekusi.

        Dia kemudian pindah ke situs Birkenau di mana dia berpidato.

        "Mengingat kejahatan ... adalah tanggung jawab yang tidak pernah berakhir. Itu milik negara kita," kata Merkel melansir BBC, Sabtu (7/12/2019).

        "Menyadari tanggung jawab ini adalah bagian dari identitas nasional kita, pemahaman diri kita sebagai masyarakat yang tercerahkan dan bebas ... sebuah demokrasi."

        Jerman terus memiliki "rasa malu yang mendalam" atas apa yang terjadi di Auschwitz-Birkenau.

        "Tidak ada kata-kata untuk mengekspresikan kesedihan kita," kata Merkel.

        "Aku menundukkan kepalaku di depan para korban," katanya kepada para korban yang selamat dari Holocaust (pembunuhan penganut Yahudi di Eropa oleh Nazi).

        Baca Juga: Wow! Jerman Buka Kemungkinan Perbankan Jual dan Simpan Aset Kripto

        Merkel juga mengakui kemunculan anti-Semitisme di negaranya, dan dia akan melawannya dengan membagikan sejarah kamp pemusnahan.

        Merkel juga didampingi oleh presiden Dewan Sentral Yahudi Jerman, Josef Schuster, dan ketua Dewan Sentral Jerman Sinti dan Roma, Romani Rose.

        Peristiwa besar direncanakan untuk peringatan 75 tahun pembebasan Auschwitz oleh pasukan Soviet pada 27 Januari.

        Tetapi Merkel telah memilih untuk pergi ke lokasi sekarang, dan untuk menghadiri peringatan 10 tahun Yayasan Auschwitz-Birkenau, sebuah kelompok yang mencoba untuk melestarikan kamp sebagai peringatan dan peringatan bagi generasi mendatang.

        Sebagai bagian dari kunjungannya, negara-negara federal Jerman meberikan hadiah 60 juta euro (sekira Rp930 miliar) kepada yayasan.

        Meskipun dia telah mengunjungi kamp-kamp lain, termasuk Dachau dan Buchenwald di Jerman, ini adalah kunjungan pertama kanselir ke kamp kematian Nazi yang paling terkenal, yang terletak di sebelah barat kota Krakow, Polandia.Kanselir

        ?Jerman telah melakukan perjalanan ke Auschwitz sebelumnya. Helmut Schmidt mengunjungi pada tahun 1977 dan Helmut Kohl pada tahun 1989 dan 1995. Namun tidak ada yang mengunjungi sejak itu, dan kunjungan pertama oleh kanselir selama 24 tahun ini dipandang sangat simbolis.

        Kurang dari dua bulan lalu, seorang wanita berusia 40 tahun dan pria berusia 20 tahun ditembak mati di luar sebuah sinagog di Jerman timur. Seorang pria berusia 27 tahun mengaku memiliki motif sayap kanan, anti-Semit dalam kasus penembakan itu.

        Angka resmi menunjukkan 1.646 kejahatan rasial terhadap Yahudi dilakukan di Jerman tahun lalu - meningkat 10% dari tahun sebelumnya.

        Serangan fisik terhadap Yahudi di Jerman juga meningkat pada periode yang sama, dengan 62 insiden kekerasan tercatat pada 2018, naik dari 37 pada 2017.

        Laporan Jerman menunjukkan Merkel telah memilih untuk mengunjungi sekarang jika dia dipaksa keluar dari kantor lebih awal dari yang direncanakan. Dia sebelumnya mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri untuk terpilih kembali pada tahun 2021.

        Ditambah dengan ini adalah kekhawatiran koalisi pemerintahan Merkel akan hancur berantakan.

        Apa itu Auschwitz?

        Awalnya sebuah barak tentara tua dikonversi dengan menyerang pasukan Nazi untuk menahan tahanan politik Polandia pada tahun 1939, itu menjadi kompleks yang luas dari sekitar 40 kamp, dan pusat dari Holocaust.

        Baca Juga: Dituduh Mata-matai Proyek Tentara Jerman, 16 Karyawan Airbus Di-PHK

        Birkenau didirikan pada tahun 1941 tidak jauh dari situ.

        Satu juta orang Yahudi Eropa dibunuh di kamar gas atau meninggal karena kelaparan dan penyakit di lokasi itu antara awal 1942 dan akhir 1944.

        Puluhan ribu orang non-Yahudi Polandia, Roma, tawanan perang Soviet, homoseksual dan tahanan politik juga dibunuh.

        Pasukan Soviet membebaskan kamp pada 27 Januari 1945, tanggal yang sekarang diperingati di seluruh dunia sebagai Hari Peringatan Holocaust.

        Lebih dari enam juta orang Yahudi terbunuh selama Holocaust, kampanye Nazi untuk menghancurkan populasi Yahudi Eropa.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Muhammad Syahrianto

        Bagikan Artikel: