Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Gak Perlu Takut Era New Normal, Pemeriksaan Ginekologi Sangat Penting!

        Gak Perlu Takut Era New Normal, Pemeriksaan Ginekologi Sangat Penting! Kredit Foto: Unsplash
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, membuat masyarakat khawatir untuk melakukan pemeriksaan masalah kesehatan ke dokter di rumah sakit. Tak terkecuali, bagi kalangan wanita yang merasakan keluhan pada kandungan.

        Padahal, kondisi tersebut jika dibiarkan membuat tidak nyaman dan menurunkan kualitas hidup.

        Terkait itu, Dokter spesialis obstetri dan ginekologi RS Siloam Hospitals Semarang, dr Nurul Setiyorini SpOG mengatakan, selain pemeriksaan kehamilan, biasanya para wanita memeriksakan berbagai keluhan yang dialami terkait dengan organ reproduksi mereka.

        Baca Juga: Doni Monardo: Kami Hanya Punya Satu Dokter, Itupun Dokter Umum

        Baca Juga: Tak Hanya Bantuan Alat Kesehatan, Taspen Juga Serahkan Santunan Korban Covid-19

        Sambungnya, masalah umum yang biasanya terjadi adalah keputihan, perdarahan di luar siklus, control bleeding, nyeri perut, perut membesar, haid tidak lancar, dan program hamil.

        "Untuk mengetahui penyebab dari berbagai keluhan tersebut biasanya kami menerapkan anamnesis atau konsultasi, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang,? ucapnya dalam webinar Health Talks RS Siloam Hospitas Semarang, Selasa (23/6/2020).

        Menurut Nurul, pemeriksaan fisik berupa pemeriksaan dalam vagina untuk mengetahui adakah tumor atau cairan abnormal yang visibel atau beberapa cacat bawaan tampak. Selain itu, pemeriksaan dalam vagina juga untuk mengetahui masa tumor, nyeri pada organ reproduksi, dan deteksi awal kehamilan di luar kandungan.

        "Sedangkan pemeriksaan penunjang berupa ultrasonografi, membantu dalam hal konfirmasi beberapa kelainan yang sudah ditemukan dalam pemeriksaan fisik," jelas Nurul.

        Namun, lanjut Nurul, banyak kalangan wanita yang menunda pemeriksaan keluhan yang dialaminya di masa pandemi Covid-19, terutama menunda pemeriksaan genekologi rutin.

        "Untuk masa ini, yang disarankan segera dilakukan pemeriksaan adalah apabila terjadi nyeri, dan pengeluaran abnormal dari jalan lahir pada ibu hamil,? tegas Nurul.

        Ia mengatakan, di masa new normal, masyarakat bisa mejalani aktivitas seperti biasa asalkan tetap menjalankan potokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.??

        "Pemeriksaan ginekolog dapat dilakukan pada masa new normal. Caranya, dengan memilih RS yang menjalankan protokol kesehatan dengan baik dan benar. Seperti yang dilakukan di RS Siloam Hospitals Semarang,? tukas dia.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Editor: Vicky Fadil

        Bagikan Artikel: