Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        10 Miliarder Ini Tinggal di California AS, Siapa Saja Mereka?

        10 Miliarder Ini Tinggal di California AS, Siapa Saja Mereka? Kredit Foto: Reuters
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Negara bagian Amerika Serikat, California, menurut catatan Forbes 400 merupakan jumlah populasi miliarder terbesar di AS. Tahun ini, meski di tengah pandemi, kelompok miliarder di California tetap lebih kaya dari sebelumnya.

        Tahun ini, California yang dijuluki Golden State merupakan rumah bagi 100 miliarder dalam Forbes 400. Secara kolektif, mereka memiliki kekayaan gabungan USD815,5 miliar (Rp12.101 triliun), tertinggi sepanjang masa, naik 18% dari tahun lalu. Berikut daftarnya dikutip dari Forbes di Jakarta, Rabu (9/9/2020):

        Baca Juga: Jeff Bezos Jadi Miliarder Paling 'Pelit' Donasi Filantropi

        1. Mark Zuckerberg

        Meski setelah lebih dari seribu pengiklan, termasuk Adidas dan Clorox, bergabung dalam boikot iklan di Facebook untuk menentang ujaran kebencian, namun penggunaan dan pendapatan iklan masih terus tumbuh hingga Mark tetap memiliki kekayaan USD85 miliar (Rp1.261 triliun) per Juli 2020.

        2. Larry Ellison

        Kabar terbaru, pendiri Oracle ini meminta teknisi perusahaannya untuk membangun basis data bagi pemerintah AS untuk melacak hasil pengobatan Covid-19. Ia juga meminta adanya situs web Jaringan Pencegahan Covid-19 yang memungkinkan sukarelawan mendaftar untuk uji klinis Fase 3 untuk vaksin. Ia kini berharta USD72 miliar (Rp1.069 triliun).

        3. Elon Musk

        Pada bulan Mei, perusahaan roket Elon Musk, SpaceX, mengumumkan telah mengumpulkan USD346 juta (Rp5,1 triliun) dengan valuasi akhir USD35,9 miliar (Rp533 triliun). Sementara itu, saham Tesla meningkat enam kali lipat dari September 2012 hingga Juli, menambah lebih dari USD48 miliar (Rp712 triliun) kekayaan bersihnya sehingga kekayaan Musk mencapai USD68 miliar (Rp1.009) per Juli 2020.

        4-5. Larry Page dan Sergey Brin

        Para pendiri Google mengundurkan diri dari peran mereka, baik Brin ataupun Page dari perusahaan induk Alphabet pada bulan Desember lalu, tetapi mereka tetap menjadi anggota dewan dan pemegang saham terbesar sehingga kekayaannya pun sama USD65,7 miliar (Rp1.002 triliun).

        6. Laurene Powell Jobs

        Istri mendiang Steve Jobs, Powell Jobs menghabiskan tahun lalu mengerjakan gelarnya sebagai filantropis dan investor, termasuk berkontribusi pada upaya bantuan Covid-19 dan berinvestasi di perusahaan berdampak sosial. Ia memiliki harta USD16 miliar (Rp237 triliun).

        7. Donald Bren

        Sebagai baron real estate terkaya di Amerika, Irvine Company yang didirikan Donald Bren memiliki real estat lebih dari 115 juta kaki persegi, sebagian besar di California Selatan. Ia berharta USD15,3 miliar (Rp227 triliun)

        8. Eric Schmidt

        Schmidt, meninggalkan dewan perusahaan induk Google Alphabet pada Juni 2019 setelah menjabat sebagai direktur selama 18 tahun. Ia kini berharta USD15,1 miliar (Rp224 triliun).

        9. Dustin Moskovitz

        Pendiri Facebook meninggalkan jejaring sosial pada 2008 untuk memulai perusahaannya sendiri, Asana. Ia berharta USD14,2 miliar (Rp210 triliun).

        10. Eric Yuan

        Yuan, yang menjadi salah satu pendiri alat konferensi video online Zoom pada tahun 2011, telah melihat saham perusahaannya meroket lebih dari 450% tahun ini. Ini adalah debutnya di daftar The Forbes 400 dengan harta kekayaan USD11 miliar (Rp163 triliun).

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Fajria Anindya Utami
        Editor: Fajria Anindya Utami

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: