Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Video
    Indeks
      About Us
        Social Media

        Apa Itu Paid Marketing?

        Apa Itu Paid Marketing? Kredit Foto: Unsplash/Campaign Creators
        Warta Ekonomi, Jakarta -

        Untuk mengembangkan sebuah brand, bisnis Anda perlu mendapatkan perhatian dari target pasar. Kampanye pemasaran organik bisa menjadi cara yang efektif dalam mengarahkan trafik ke situs web Anda, tetapi melakukan pemasaran jenis itu membutuhkan waktu untuk bisa mendapatkan hasil yang sesuai.

        Strategi paid marketing atau pemasaran berbayar dapat membantu brand Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat saat Anda membangun reputasi dengan pelanggan. Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

        Mengenal Strategi Paid Marketing

        Paid marketing juga dikenal sebagai pemasaran berbayar, mengacu pada semua strategi terkait sebuah brand yang menargetkan calon pelanggan berdasarkan minat, niat, atau interaksi sebelumnya dengan brand tersebut.

        Baca Juga: Apa Itu Organic Marketing?

        Pemasaran berbayar dapat menggunakan satu atau lebih saluran digital, termasuk halaman hasil mesin pencari (SERP), platform media sosial, dan situs web. Selain tampilan iklan yang mungkin bisa Anda lihat di SERP dan halaman web, pemasaran berbayar juga dapat berbentuk posting-an sosial bersponsor dan blog tamu.

        Ketika Anda beriklan di mesin pencari, hal itu disebut pemasaran mesin pencari. Ketika Anda melakukannya di media sosial, itu disebut pemasaran media sosial. Dan, ketika Anda melakukannya di situs web lain, itu adalah display marketing, iklan asli, atau bahkan postingan bersponsor.

        Ada banyak platform periklanan untuk melakukan pemasaran berbayar yang bisa digunakan, seperti Google Ads, Bing Ads, dan Yahoo Ads untuk mesin pencari; Facebook Ads dan Pinterest Ads untuk platform media sosial.

        Manfaat dari Paid Marketing

        Saat ini, sangat mungkin bagi pelanggan baru pertama kali menemukan kehadiran brand Anda secara online. Faktanya, 87% pembeli eceran memulai pencarian mereka di saluran digital, terlepas dari apakah mereka akhirnya melakukan pembelian secara online atau di toko fisik.

        Sedangkan, riset dari Google menunjukkan bahwa 67% pembelian B2B dipengaruhi oleh konten digital dan iklan.

        Tanpa kehadiran platform digital, calon pelanggan Anda mungkin tidak akan pernah menemukan brand Anda. Pemasaran berbayar dapat menguntungkan strategi pemasaran Anda dengan:

        • Membangun brand awareness.

        • Mendorong keterlibatan pelanggan.

        • Membantu Anda menargetkan segmen audiens tertentu.

        • Memberi Anda kemampuan untuk mengukur dan mengoptimalkan kampanye pemasaran Anda.

        Dibandingkan dengan pemasaran organik, pemasaran berbayar menawarkan hasil yang lebih cepat dan kemampuan penargetan yang lebih terperinci. Misalnya, Anda dapat menargetkan sebuah situs blog ke audiens tertentu melalui strategi penggunaan kata kunci, tetapi Anda masih dapat menjangkau orang-orang yang tidak tertarik dengan penawaran Anda.

        Sementara itu, strategi berbayar memberdayakan Anda untuk menargetkan pesan Anda berdasarkan sinyal pengguna seperti melalui kueri penelusuran dan interaksi sebelumnya dengan merek Anda.

        Kampanye pemasaran yang efisien memanfaatkan semua saluran untuk periklanan. Meskipun biaya iklan berbayar lebih mahal daripada iklan yang dimiliki atau diperoleh secara organik, pemasaran berbayar adalah cara yang efektif untuk memperlihatkan nama perusahaan Anda kepada audiens yang luas.

        Iklan berbayar biasanya ditampilkan kepada pengguna di sisi kiri dan kanan, atas, atau bawah halaman web. Pemasar dapat membayar lebih agar iklan mereka ditampilkan di situs web yang lebih populer untuk meningkatkan lalu lintas.

        Berbagai kategori iklan berbayar seperti PPC, PPI, dan iklan bergambar dapat membantu pemasar untuk menyesuaikan kampanye pemasaran mereka lebih lanjut. Meningkatnya popularitas media sosial baru-baru ini mengubah situs seperti Facebook dan LinkedIn menjadi platform yang efektif untuk iklan berbayar.

        Jenis pemasaran berbayar

        Ada empat bentuk pemasaran berbayar, dan masing-masing memiliki keuntungannya sendiri:

        1. Pemasaran pencarian berbayar: Juga dikenal sebagai pemasaran mesin pencari (SEM), strategi ini menyajikan iklan teks dan gambar kepada pengguna yang sedang mencari di platform seperti Google dan Bing.

        2. Pemasaran media sosial berbayar: Strategi ini membantu brand untuk menargetkan pengguna media sosial dengan iklan berdasarkan minat dan interaksi mereka.

        3. Display marketing: Mirip dengan SEM, jaringan display menayangkan iklan kepada pengunjung situs. Teknologi penargetan ulang dapat menargetkan pengguna berdasarkan riwayat penelusuran mereka.

        4. Pemasaran influencer: Pemasar B2B dan B2C dapat bekerja dengan influencer atau orang-orang yang memiliki pengikut di media sosial yang besar untuk secara strategis mempromosikan penawaran mereka dengan cara yang lebih pribadi.

        Setiap jenis strategi pemasaran berbayar memiliki tujuan unik di berbagai tahap perjalanan pembeli. Tidak setiap merek menggunakan setiap bentuk pemasaran berbayar, tetapi penggunaan lebih dari satu jenis dianggap sebagai praktik pemasaran terbaik. Dengan melakukan pemasaran berbayar berarti memastikan pengguna di berbagai saluran untuk melihat pesan Anda.

        Cara Melakukan Strategi Paid Marketing

        Setelah mengetahui bahwa paid marketing atau pemasaran berbayar umumnya terdiri dari empat jenis. Namun, pada kesempatan ini, kita akan membahas mengenai cara melakukan strategi ini dalam bentuk pencarian berbayar (SEM) dan pemasaran media sosial berbayar karena kedua jenis inilah yang paling banyak digunakan.

        Pemasaran pencarian berbayar atau SEM (Search Engine Marketing) menghasilkan trafik web melalui iklan bayar per klik (PPC) yang muncul dalam halaman pencarian. Saat Anda mengetik kata kunci atau frasa ke Google, Anda dapat melihat hasil berbayar dan organik itu muncul. Iklan berbayar adalah daftar yang bisa Anda lihat di setiap sisi halaman, serta link pertama di halaman tersebut. Anda akan tahu hasil mana yang dibayar oleh tag "Iklan" di sebelahnya.

        Pada akhirnya, strategi SEM mendukung pertumbuhan brand dengan menempatkan link ke situs Anda di antara pengguna penelusuran yang relevan. Mereka cenderung menggunakan model bayar per klik (PPC) dimana brand tersebut menawar untuk posisi teratas di halaman pencarian untuk penggunaan kata kunci tertentu.

        Misalnya, jika Anda ingin menentukan peringkat untuk frasa kata kunci "topi bola", Anda dapat membuat kampanye pemasaran penelusuran dengan tawaran maksimum Rp15.000 per klik. Jaringan iklan akan menggunakan tawaran Anda serta beberapa sinyal kualitas untuk menentukan kapan dan di mana harus menempatkan iklan Anda saat orang-orang menelusuri istilah yang berkaitan.

        Untuk itu, alat yang disarankan untuk menunjang kampanye jenis ini adalah Google Ads dan Microsoft Advertising.

        Anda hanya perlu beberapa detik untuk mengaktifkan dan menjalankan kampanye penelusuran berbayar. Dengan mengikuti beberapa petunjuk, iklan penelusuran Anda akan siap menjangkau ribuan pengguna penelusuran di seluruh web. Namun, mengoptimalkan kampanye penelusuran Anda membutuhkan lebih banyak waktu, perhatian, dan kemahiran.

        Karena mesin pencarian ini adalah platform paling populer, anggap saja Anda berencana menggunakan Google Ads atau yang sebelumnya dikenal sebagai AdWords untuk menjalankan strategi penelusuran berbayar Anda. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan keefektivan kampanye pemasaran Anda:

        • Tingkatkan skor kualitas Anda

        Hanya Google yang mengetahui resep rahasianya, yaitu algoritma yang menentukan skor kualitas iklan. Namun, Google telah memberikan beberapa petunjuk. Untuk menurunkan biaya tawaran rata-rata dan meningkatkan peringkat iklan Anda, coba uji A/B teks iklan Anda dan tetap gunakan yang mendapatkan rasio klik-tayang tertinggi.

        Mengelompokkan kata kunci ke dalam grup iklan terpisah juga dapat meningkatkan skor Anda. Terakhir, membuat landing pages yang relevan untuk iklan Anda mendorong kunjungan situs yang lebih lama, yang merupakan sinyal berkualitas tinggi.

        • Gunakan penawaran berbasis lokasi

        Setelah Anda menjalankan kampanye pemasaran selama jangka waktu tertentu, periksa metrik geografis Anda. Ini akan memberi tahu Anda di mana pengunjung Anda tinggal, diuraikan berdasarkan negara, wilayah, dan kota. Gunakan informasi ini untuk mengubah tawaran Anda ke lebih banyak target area yang telah menunjukkan rasio konversi yang lebih tinggi.

        • Melengkapi upaya organik yang tertinggal

        Alat seperti Google Analytics memudahkan untuk mengukur trafik situs Anda dan memvisualisasikan bagaimana pengguna berinteraksi dengan konten dan halaman produk Anda. Cari laman yang berdampak pada upaya pemasaran organik Anda tidak mengarahkan banyak trafik. Saat Anda menyesuaikan dan menguji pendekatan pemasaran organik baru, gunakan kampanye PPC untuk menambah trafik ke halaman tersebut.

        Selain pemasaran pencarian berbayar, terdapat pula pemasaran media sosial berbayar. Saat ini, menjalankan satu atau beberapa halaman media sosial untuk brand Anda tidak hanya berdampak pada pemasaran yang lebih baik, tetapi juga berdampak pada ekspetasi pelanggan. Faktanya, brand dengan strategi keterlibatan pelanggan omnichannel yang kuat mempertahankan 89% pelanggan mereka, dibandingkan dengan 33% untuk brand dengan strategi omnichannel yang buruk.

        Memiliki halaman Facebook, akun Twitter, profil Instagram, saluran YouTube, dan Pinterest board dapat membantu pelanggan Anda menemukan brand bisnis Anda di mana pun di saat mereka sedang online. Kampanye media sosial berbayar menambah manfaat itu dengan membantu Anda untuk menjangkau pengguna media sosial lain yang mungkin belum pernah mendengar informasi atau seluk beluk tentang perusahaan Anda.

        Sama seperti pemasaran pencarian berbayar (SEM), kampanye media sosial berbayar menggunakan model penawaran untuk menayangkan iklan kepada orang-orang yang menunjukkan minat pada penawaran Anda atau yang menunjukkan perilaku online yang serupa dengan pelanggan Anda saat ini.

        Untuk itu, alat bantu yang disarankan untuk menunjang pemasaran jenis ini adalah Facebook for Business, Pinterest Ads, LinkedIn Marketing Solutions.

        Pertama-tama, jika brand Anda tidak ada di semua platform media sosial, jangan panik. Mempertahankan beberapa halaman media sosial bisa sangat memakan waktu, terutama bila Anda memiliki sumber daya yang terbatas

        Konsistensi ialah kuncinya. Mempertahankan aliran postingan berkualitas tinggi yang stabil adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan di media sosial. Oleh karena itu, Anda perlu untuk fokus hanya pada satu atau dua platform saja.

        Seperti halnya SEM, pemosisian iklan media sosial Anda ditentukan oleh algoritma. Setiap platform memiliki algoritmanya sendiri dan tidak bisa dipublikasikan. Namun, satu hal yang mereka semua hargai adalah keterlibatan pengguna. Postingan yang memicu percakapan di antara orang-orang “nyata” adalah yang paling berharga.

        Dengan setiap iklan media sosial berbayar yang Anda hasilkan, tujuan Anda adalah memulai percakapan. Ajukan pertanyaan menarik atau buat pernyataan yang meminta pengguna untuk menambahkan pendapatnya sendiri. Ingatlah bahwa Anda mungkin ingin memoderasi percakapan ini, yang dapat menghabiskan banyak sumber daya, tetapi juga dapat mendorong untuk melakukan keterlibatan lebih lanjut.

        Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

        Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo
        Editor: Rosmayanti

        Tag Terkait:

        Bagikan Artikel: